Tak Berkategori

0 302

1
Jum’at,(31/03) Bertempat halaman rumah Kepala Desa Tumpakrejo Kec. Kalipare dilaksanakan Pelatihan Kader dan Bimbingan Teknis 10 Program Pokok PKK oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang yang dipimpin langsung oleh Ibu Jajuk Rendra Kresna.
Ditempatkan di Rumah Kepala Desa karena Balai Desanya dalam tahap renofasi , dimana menurut rencana pelatihan dan bintek dilaksanakan Bulan Juli 2017 namun karena dijadikan satu dengan giat Santunan Anak Yatim Piatu oleh Ibu Rendra di Pendopo Kecamatan Kalipare maka giat diajukan.
Adapun meteri yang disampaikan ada ( 3 ) tiga antaralain :
1. Bimbingan kepada Pengurus PKK Desa dari Sekretaris, Bendahara, Poja 1 sampai 4 dimana administrasi harus tertib dan lengkap, setiap kegiatan dicatat.
2. Pelatihan Kader Dasa Wisma yang disampaikan oleh Bu Rusman, dimana disetiap RT diharapkan terbentuk 1 atau 2 kelompok Dasa Wisma.
3. Sedangkan Ibu Rendra menyampaikan tentang Pola Asuh Anak, dimana menurut beliau untuk menghancurkan Bangsa Indonesia tidak harus dengan perang tetapi dengan memberikan pelajaran yang salah kepada anak maka itu akan merusak masa depan Bangsa.
Acara dimulai pukul 09.15 sampai 12.45 WIB dan dilanjutkan menuju Kantor Kecamatan Kalipare dengan agenda Pemberian Santuan Anak Yatim sebanyak 30 anak per desa di wilayah kalipare ada 9 Desa.
2

0 1349

Berita
Selasa pagi tanggal 14 Pebruari kegemparan terjadi di Dusun Darungan Desa Kalirejo Kecamatan Kalipare dengan munculnya Sumber Air yang sangat besar dengan debet air + 60 liter /detik.
Awal diketahuinya pada hari Jum’at tanggal 10 Pebruari terlihat air gemericik di tebing dekat selokan tegalan oleh pemilik dianggap air hujan yang merembes namun pada hari selasa ada warga yang dikejutkan dengan suara gemuruh, setelah dicari betapa terkejutnya melihat air yang keluar dari tebing menggerojok dengan begitu derasnya padahal kalau ditinjau dari wilayahnya yang kering dan berbatu kapur, bahkan pernah ada proyek pengeboran air sampai kedalaman 150 meter tidak berhasil.
Dari situ muncul berbagai anggapan masyarakat ada yang mempercayai air itu bisa menjadi obat segala penyakit, ada juga karena hujan yang terus menerus akhirnya muncul sumber air, ada juga yang mempercayai itu adalah berkah dari Yang Maha Esa sehingga masyarakat berbongdong-bongdong membuktikan bahkan kebanyakan dari luar daerah.

0 635

aKaliasri (1)
Gaung Semarak Pesta Adat Bersih Desa Kaliasri tahun 2016 sudah terasa mulai Minggu 23 Oktober 2016 padahal acara puncaknya baru dilaksanakan Senin 31 Oktober 2016, dengan agenda yang telah tersusun antaralain tanggal 23 Oktober dilaksanakan Fun Bike dimana Start dan Finis di depan Balai Desa yang diikuti oleh + 600 peserta dari berbagai daerah, 28 – 31 Oktober di sekitar Balai desa dilaksanakan Bazar yang didalamnya , Tanggal 28 Oktober jam 14.00 sampai selesai dilaksanakan pentas Jaran Pegon dan Reog, tanggal 29 Oktober jam 06.00 dilaksanakan Gerak Jalan Santai – jam 19.00 Panggaung Gembira, 30 Oktober Mulai jam 11.00 s/d 17.00 Karnaval Budaya dan Kesenian Tradisional – jan 19.30 Hiburan Orkes Melayu, Senin Pagi 31 Oktober mulai jam 07.00 s/d 11.30 dilaksanakan Do’a bersama Lintas Agama dan dilanjutkan dengan Pangruwatan/ Murwokolo di Balai Desa dan sebagai penutup acara Senin Malam dilaksanakan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan Ki Dalang Anom Suroto dari Solo dengan mengambil lakon Wirotho Purwo yang menggambarkan akhir dari persembunyian Pandawa di Kerajaan Wirata, dalam pagelaran wayang diselingi dengan Bintang Tamu Gareng Semarang dan Ika Kebumen.
Disampaing Desa Kaliasri pada Jum’at tanggal 28 Oktober 2016 Desa Arjosari juga melaksanakan Bersih Desa yang palaksanaannya tidak kalah meriahnya.
Arjosari Untitled

0 291

Rangkaian peringatan Hari Ulang tahun Republik Indonesia yang ke 71 Kecamatan Kalipare ditutup dengan Resepsi yang dilaksanakan pada 5 September 2016 di Pendopo Kecamatan kalipare.
Adapun acara resepsi diisi dengan Tari-tarian yang dibawakan olah Siswa siswi SDN Kalipare 2 ; SDN Arjowilangun 5 dan SDN Arjowilangun 7.
Sambutan Mariono,S.Pd Kepala UPTD TK,SD dan PLS selaku Ketua Panitia PHBN Tingkat Kecamatan menyampaikan terima kasih kepada seluruh nya yang telah membantu hingga sukses terlaksananya semua rangkaian peringatan HUT RI mulai dari lomba-lomba, Upacara hingga Resepsi yang dilaksanakan dengan sederhana ini.
Sedang Indra Gunawan,S.Sos selaku Camat Kalipare menyampaikan apresiasi dan acungan jempol pada Panitia khususnya Kepala UPTD TK,SD dan PLS Kecamatan Kalipare yang telah suskses menjalankan tugasnya dan mengajak pada seluruh undangan menteladani para pahlawan yang berjuang demi kemerdekaan dengan tanpa mengharapkan apapun dari Negara.
Acara diakhiri dengan pembagian hadia-hadiah lomba berlangsung aman dan tertib.

0 331

1. a Pangan
Rabu, (04/05) Tim Penggerak PKK Kecamatan bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Malang bertempat di Kantor UPT BKP3 Kalipare mengadakan Pelatihan Olahan Pengan dalam rangka Pengembangan Menu B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman ).
Acara diikuti oleh Anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan serta Ketua dan Anggota Tim Penggerak PKK Desa, masing-masing Desa membawa 5 orang anggota.
Bapak Heru Siswadi Kasi Penganekaragaman Pangan BKP3 Kabupaten Malang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua TP-PKK Kecamatan Kalipare atas terlaksananya kegiatan ini yang kedua mengingat lahan sawah sudah sangat sempit ergusur dengan pembangunan gedung tinggi menjulang, juga telah terjadi pergeseran baham pokok pangan utamanya di wilayah timur mulai Papua hingga NTB sekarang banyak yang memakan Nasi sebagai penghasil Karbo hidrat, sedang sagu dan umbi-umbian telah bayank yang meninggalkan. Maka melalui Percepatan Penganekaragaman Pangan dengan program Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan dengan konsep KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari)akan dapat membantu.
Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan menyampaikan, Pelatihan ini diadakan untuk menyongsong Lomba Cipta Menu taingkat Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2016, maka ditawarkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Desa jika punya produk olahan dapat diinformasikan .
Ibu Rinik sebagai pemilik UD Dharmayasa Pagelaran sebagai Tutor.
Acara dimulai pukul 08.45 WIB sampai 12.00 WIB

0 598

1. Diklat Kuwowo

Dalam rangka peningkatan kapasitas SDM bagi Aparatur Pemerintahan Desa khususnya Kuwowo yang membidangi urusan pembangunan pada tanggal 22-23 Maret 2016 bertempat di Balai Pertemuan Kecamatan Kalipare dilaksanakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kaur Pembangunan / Kuwowo Se- Kecamatan Kalipare dalam rangka implementasi Undang-undang Desa No.6 Tahun 2014. Kegiatan ini diikuti sejumlah 18 orang terdiri dari Kuwowo dan Kader Teknis 9 Desa Se-Kecamatan Kalipare, dengan narasumber dalam kegiatan pelatihan ini adalah Bapak Ketut Rudyantoro, ST tenaga ahli Infrastruktur Desa, Pendamping Desa; Devi RatnaHandini, ST dan IdhamKholiq, ST. Dibantu oleh dua orang Pendamping Lokal Desa (PLD) yang ada di Kecamatan Kalipareyaitu; M. Fendik Setyawan,S.Pd dan DodikWitoko.
Materi hari pertama:
1. Jenis-jenis infrastruktur Perdesaan
2. Prinsip perencanaan kegiatan infrastruktur
3. Teknis survey dan perencanaan desa infrastruktur perdesaan
4. Praktek survey lapangan yang berlokasi di Dusun Krajan Desa Kalipare
Materi hari kedua:
1. Praktek gambar desain hasil survey lapangan
2. Perhitungan volume kegiatan infrastruktur
3. Penyusunan RAB ( rancangan anggaran biaya )
4. Manajemen pengerjaan kontruksi infrastruktur perdesaan
Bimtek ini bertujuan untuk menambah daya pengetahuan bagi Kuwowo (Kaur Pembangunan) agar dapat menghitung sekaligus menggambar kegiatan infrastruktur yang akan dilaksanakan oleh Desa. Kegiatan ini sekaligus sebagai inovasi dan wujud nyata pendampingan yang dilakukan oleh para Pendamping Desa di Kecamatan Kalipare. Meskipun kontrak mereka akan berakhir pada 31 Maret 2016 tetapi tidak menyurutkan semangat untuk memberikan transfer knowledge kepada masyarakat desa.

0 250

1.PWRI

Jum’at, (26/02) Pengukuhan Pengurus Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Periode 2016 -2020 Kecamatan Kalipare dilaksanakan di Balai Pertemuan Kecamatan, Acara dihadiri 24 Pengurus dengan susunan Pengurus ;: Ketua BP. Surateman, Sekretaris Bp. Suradji , Bendahara I BP. H. Ropi’I , Bendahara II Bp. Karmudji.

Camat Kalipare yang diwakili moleh Sekcam dalam sambutannya menyampaikan dan menaruh hormat karena Bapak/Ibu merupakan senior kami, dan kami nantinya akan meneruskan dan melanjutkan perjuangan penjenengan semua.

Kami juga selalu mengharapkan bimbingan dan petunjuk dan akan selalu menimba ilmu yang bermanfaat damal menjalankan tugas kemasyarakatan.

0 276

1.Proyek SBPT

Kamis, 25 -02- 2016 Guna mengetahui proyek Pembangunan yang dilaksanakan oleh Desa melalui Dana dari ADD dan DD tahun 2016, Sekcam, Kasi Pem, Kasi Ekbang PP, Staf Pemerintahan dan Pendamping Desa melakukan sidak ke Desa Sumberpetung dan meninjau langsung pembangunan fisik apakah sesuai dengan usulan / RAB yang ada.

Dan ternyata ada 1 proyek yang dialihkan tapi belum dibuatkan Berita Acara dan yang lainnya sudah sesuai.

Dari hasil temuan ini maka Kepala Desa siperintahkan melakukan : 1. Musyawarah dengan BPD dan LPMD ;

  1. Membuat Berita acara Peralihan Proyek mengatahui BPD ; 3. Melaporkan hasilnya ke Kecamatan .

0 302

1.Musrenbang 16

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan Kalipare dilaksanakan tanggal 15 Pebruari 2016 bertempat di Pendopo Kecamatan dan dihadiri oleh Anggota DPRD Dapil VI (Busilan,SH), Bappeda Kabupaten Malang ; SKPD / Badan dan Dinas se Kabupaten Malang ; Muspika ; Kepala Desa dan Delegasi Desa.

DPRDberjanji akan mengawal usulan-usulan sampai ada respon dari Pemerintah.

Bappeda akan membantu penyusunan RPJMDesa dan menginformasikan bahwa aka nada kenaikan 2kali lipat untuk Dana Desa, yang insyalalloh akan cair bulan Maret.

Untuk musrenbang Tahun 2016 sudah On Line pada http://musrenbang.malangkab.go.id/simral_malangkab/

Sementara Camat Kalipare menyampaikan perlunya dibangun Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA), karena selama ini masyarakat kesulitan membuang sampah.

Acara berjalan tertib, aman dan lancar.

0 414

resep hut 70

Senin (31/08), Bertempat di Pendopo Kecamatan Kalipare dilaksanakan Resepsi dalam rangka HUT RI yang ke 70 , acara dilaksanakan dengan sangat sederhana mulai pukul 09.00 yang diawali hiburan Organ Tunggal serta disisipai dengan Tari Remo oleh Siswi SDN Arjowilangun, setelah Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan Laporan Panitia PHBN ( Dokter Kepala Puskesmas ) kemudian dilanjutkan Sambutan Muspika yang diwakili oleh Sekcam Kalipare yang setelah itu dilanjutkan pembacaan Pembacaan dan Penyerahan Tropi Pemenang Lomba-lomba.

Acara berjalan lancer dan tertib berakhir pukul 12.30 WIB