Keagamaan

0 205

Begroun 1

Sabtu,(09/12) dimulai pukul 09.30 WIB Bertempat di Balai Pertemuan KUA Kecamatan Kalipare dilaksanakan Musywarah Kecamatan MUI Kecamatan Kalipare dengan agenda pemilihan Pengurus Baru Periode 2017-2022, hadir dalam pembukaan Musyawarah Muspika , Kepala KUA , KH Soleh, M.Pd dari MUI Kabupaten Malang.
KH Imam Nawawi selaku Ketua periode 2012-2017 dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran semuanya dalam undangan yang serba mendadak, MUI dimasa sekarang ini banyak mendapatkan tantangan contohnya dalam Bidang Keagamaan timbul perpecahan menjadi aliran aliran baru juga isu isu nasional yang dalam perkembangan tehnologi informasi menjadikan masyarakat saling menghujad.
Sedang Muhammad Arifin Camat Kalipare pertama menyampaikan bahwa Camat/ Muspika selalu mendukung utamanya dibidang keagamaan, yang kedua Musyawarah Kecamatan ini harus dilaksanakan berdasarkan AD/ART, dalam pemilihan Pengurus utamanya Ketua ada tiga persyaratan menurutnya antara lain Mampu, Mau dan Sempat, dan yang ketia mengutip pernyataan Ketua MUI diatas Ketercepatan Informasi yang membuat banyak permasalahan di segala bidang, maka peran MUI agar menyampaikan kebenaran.
Fatkur Rochman,S.Pd selaku Kapolsek Kalipare menyampaikansebentar lagi akan menghadapi Natal dan Tahun Baru, maka Toleransi Umat Beragama hasur selalu dijaga juga dalam menghadapi Pemilu Kada Tahun 2018 Cipta Kondisi perlu dilakukan.
Sedang dari MUI Kabupaten menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Muspika dan Kepala KUA dimana hanya di Kecamatan Kalipare Musyawarah dihadiri lengkap oleh pimpinan.
MUI merupakan mitra pemerintah dalam menjaga Negeri ini menjadi kondusif.
Acara dihadiri oleh 38 orang dari 40 yang diundang dengan menghasilakan ketetapan Pimpinan baru MUI Kecamatan Kalipare yaitu KH Muhtadi Husain, Sekretaris Nurhadi,S.Ag sedang untuk Bendahara H Usman
Acara berjalan anam tertib dan terkendali. Diakhiri pukul 12.30 WIB.

0 325

pEMBINAAN 13-12
Selasa (13/12), Bertempat di Pendopo Kecamatan Kalipare dilaksanakan Pembinaan Umat Beragama oleh Bagian Bina Mental bekerja sama dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Malang.
Acara dimulai pukul 09.25 dan dihadiri oleh Kepala Bagian Bina Mental, Bpk. Fathoni dari Kesbangpol, Kh. Fadlol Hijja dari MUI, Muspika dan undangan sebanyak 40 orang yang berasal dari berbagai Tokoh Umat Beragama yang ada di wilayah Kecamatan Kalipare (Islam, Kresten, Katholik dan Hindu)
Di Wilayah Kecamatan Kalipare utamanya di Desa Arjowilangun yang penduduknya heterogin dimana 4 agama itu ada dan diyakini namun stabilitas keamanan sangat kondusif dan kerukunan patut diacung jempol.
Maka harapan dari nara sumber semua mengharapkan pada para tokoh untuk menyampaikan ke umat / jama’ahnya agar menghindari kelompok garis keras yang mengatasnamakan agama sebagai kedok yang bertujuan untuk menciptakan kerusuhan dan rasa tidak aman.
Acara berakhir pukul 12.00 WIB

0 419

1 Siddiqqiyyah
Rabu, (21/09) Warga Thoriqqoh Shidiqiyyah kelompok I yang terdiri dari Wraga Kecamatan Wonosari, Ngajum,Kromengan,Sumberpucung, Kalipare dan Donomulyo membantu membangun 1 unit Rumah Layah Huni untuk Bapak Miseri Rt. 12 Dusun Krajan Desa Kalipare, dimana Bapak Miseri menyediakan sebidang tanah kosong dan dibantu membangun rumah lengkap beserta isinya dengan total biaya murni sumbanguan Anggota Thoriqqoh Shidiqiyyah mencapai Rp. 73.979.500,- . Disamping menyerahkan rumah dalam kesempatan itu juga menyerahkan bantuan untuk 17 kaum du’afa berupa sembako senilai Rp. 150.000,-
Pada acara itu Ketua Panitia menyampaikan ucapan permohonan maaf kepada warga sekitar jika merasa terganggu akibat kegiatan selama pembangunan selainitu juga menyampaikan penghargaan yang setinggi tingginya kepada anggota yang telah membantu baik itu merupakan tenaga maupun uang.
Sedangkan Drs. Mahmud Ghozali Ketua Yayasan Pendidikan Thoriqqoh Shidiqiyyah wilayah Malang menyampaikan dan menjelaskan akan sejarah dan kegiatan yang dilakukan warga Thoriqqoh Shidiqiyyah.
Drs. Trilambang Santoso MM Sekcam Kalipare dalam sambutan mewakili Muspika menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Thoriqqoh Shidiqiyyah yang telah membantu dan mambangunkan rumah untuk Bapak Miseri, dan Pemerintah Desa maupun Kecamatan membantu membuatkan Akta Tanah secara gratis pula.
Acara ditutup dengan Muidhoh Khasanah yang disampaikan oleh KH. Muhammad Yusuf selaku Kholifatur Thoriqqoh Shidiqiyyah wilayah Malang.
Acara dimulai pukul 20.15 WIB sampai 11.20 WIB

0 318

1.Safari
Di Wilayah Kecamatan kalipare Safari Romadhon dilaksanakan di awal bulan Puasa yaitu tanggal 10 s/d 20 Juni 2016 yang diikuti oleh Muspika dan jajaran Instansi yang ada di Kecamatan Kalipare sebagai Umaro’ yang bekerja sama dengan MWC NU sebagai Ulama’.
Bebarengan turun ke desa-desa berbuka Puasa bersama setelah itu menyebar dibagi menuju Masjd atau Mushola yang sudah disiapkan oleh Kepala Desa.
Tujuan kegiatan Safari Romadhon ini dilaksanakan untuk mendekatkan antara UMaro’ – Ulama’ dengan masyarakat disamping memberikan keterangan tentang kegiatan dan Program yang dilaksanakan oleh Pemerintah baik Pusat maupun Pemerintah Kabupaten Malang, sedangkan Ulama memberikan Tausiyah Agama untuk meningkatkan Keimanan dan Ketaqwa’an khususnyan Umat Islam yang sedang menjalankan Ibadah Puasa.

0 264

IMG_7573

1 Pengajian Qoirn
Minggu, (29-05) Ketua Tim Penggerak PKK Kalipare selaku Ketua Pengajian ”Qoirun Nisa’” Kecamatan Kalipare bekerja sama dengan Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU dan Fatayat Kecamatan Kalipare bertempat Pendopo Kecamatan Kalipare mengadakan Tahlil Akbar dan Santunan untuk kaum duafa.
Acara dimulai pukul 06.30 WIB pembacaan Istighosah, Suroh Yassin dan Tahlil dilanjutkan Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an diteruskan sambutan sambutan dan diakhiri Mauidhoh Hasanah oleh Ustadzh Anik Sarida dari Malang.
Ketua TP-PKK dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf dan rasa terima kasih yang tak terhingga atas partisipasi yang hadir dalam acara ini, serta agenda kegiatan PKK Kabupaten Malang antara lain : Selasa 31 Mei 2016 Wisata Edukasi di TPA Talang Agung dengan acara Peningkatan Pengelolaan Sampah yang diwakili oleh Desa Sumberpetung Desa Kalipare Desa Kaliasri dan Desa Sukowilangun. Serta Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 12 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 43 Kabupaten dilaksanakan di Desa Harjo Kuncaran Kec. Sumbermanjing Wetan ang diikuti oleh seluruh Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa.
Sedang untuk Ketua Anak Cabang Muslimat Kec. Kalipare menyampaikan permintaan maaf dan terimakasih kepada Ibu-ibu Muslimat se Kecamatan Kalipare serta meminta agar kerukunan antara Muslimat dengan Pengajian Qoirun Nisa’ dapat terus terjalin dalam menyampaikan syiar Agama Islam sampai kepelosok.
Dan Ketua Fatayat menyampaikan program Fatayat Kabupaten Malang yang akan dilaksanakan tahun ini adalah tentang Isbat Nikah Gratis, mengingat masih banyaknya pasutri yang masih Nikah Siri. Maka agar nikahnya diakui oleh Negara perlu dinantu dengan Isbat Nikah. Tentang pendaftarannya dapat langsung menghubungi Pengurus Fatayat Ranting di Desa desa.
Ustadzh Hj. Anik Sarida dalam Tausiyahnya menyampaikan tentang makna Rojab / Sya’ban dan Romadhon, dimana Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa Bulan Rojab / Sya’ban dan Romadhon adalah bulan umat Ku, dimana Rohmad Alloh dilimpahkan kepada umat Islam di atas bumi ini.

0 413

TPQ 2016
Pembagian Instensif Guru TPQ/Guru Ngaji , Guru Sekolah Minggu , Pengasuh Pasraman se Kecamatan Kalipare sejumlah 216 penerima dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kalipare.
Ketua Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an (FKPI) Kecamatan Kalipare Ustaadz Asmori Suyanto menyampaikan ucapan Terima Kasih kepada Bapak Bupati yang sampai saat ini masih memperhatikan para Guru Ngaji.
Sementara Camat Kalipare yang diwakili Sekcam menyampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran Bpk. Camat karena ada acara seminar di Dinas Cipta Karya Malang. Camat kalipare mengharapkan semuanya ikut mensukseskan Program Pemerintah dengan Pro Aktif mencerdaskan kehidupan bangsa dan menciptakan insane yang berdedikasi tinggi menegakkan nilai etika moral dan berperilaku yang sopan santun serta berkahlakul karimah.
Ketua FKPQ Kabupaten Ustadz Arifin mengharapkan agar betul-betul melaksanakan kurikulum TPQ selain itu disampaikan juga mulai tahun 2016 nama Pengurus TPQ berubah menjadi Forum Komunikasi Pendidikan Al Qur’an (FKPQ).
Dan yang terakhir sambutan Kepala Bagian Bina Mental dan Kemasyarakatan Kabupaten Malang bahwa Dana yang dibagikan ini adalah salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten malang terhadap Bapak/Ibu Pengasuh dan Pendidik TPQ , Pengasuh dan Guru Sekolah Minggu juga Pengasuh Pasraman. Penyaluran dana ini besarannya masih sama dengan tahun lalu yaitu Rp. 250.000,- per guru, semoga bermanfaat dan barokah.

0 318

Shlolat Istiqo

Menyadari bahwa kemarau berkapanjangan melanda Negeri ini Hujan merupakan pelepas dahaga, sayang hingga tahun akan segera berganti hujan belum menetes sedikitpun.

Terkait hal diatas Komamdan Koramil 0818/13 Kalipare berinisiatif mengadakan sholat Istisqo’, memohon disertai munajan kepada Alloh SWT, berserah diri bersimpuh memohon, agar Hujan segera turun dibumi pertiwi ini.

Shholat dilaksanakan pada Rabu 28 Oktober 2015 mulai pukul 10.10 WIB dengan dipimpin Tokoh Agama Kecamatan Kalipare yang Ketua DMI Kec. Kalipare Drs. H Suba’i.

0 522

GOW Fatayat

Minggu,(06/09) Bertempat di Gedung KPRI “SADAR” Kalipare dilaksanakan Pengajian dan Halal Bi Halal Gabungan Organisasi Wanita ( GOW ) anatara lain Ancab Muslimat Kalipare , Fatayat NU , dan Majlis Ta’lim Khoirun Nisa’ TP-PKK Kecamatan Kalipare yang dihadiri oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Malang yang juga selaku Penbina GOW Kabupaten malang Ibu Jajuk Rendra Kresna.

Pemberi Tausiah Agama adalah Ibu Nyai H. Mudrikah dari Malang.

Acara dirangkai dengan Tasyakuran dimulainya pengerjaan Pembangunan Dermaga Penyebrangan Kalipare Jatiguwi Sumberpucung di Dusun Sumberkombang Desa Kalipare dengan pesta membakar Ikan Mujair bersama Nelayan Jala Apung.

Acara berjalan sukses, meriah dan aman lancar.

0 535

1.KKN UIN '15

Senin,(27-07) Bertempat di Pendopo Kecamatan diterima 130 orang Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang oleh Muspika Kalipare untuk mengadakan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Dosen Pembimbing dalam sambutannya menyampaikan dan menekankan bahwa tujuan KKN ini adalah memberdayakan masyarakat dalam Posdaya berbasis Masjid.

Sedangkan Danramil 0818/13 Kalipare mewakili Muspika menyampaikan kebanggaannya kepada Mahasiswa dan menyampaikan situasi dan kondisi di Kecamatan kalipare.

Sasaran KKN adalah di 11 Masjid di 4 Desa yaitu Desa Kalipare 5 Masjid ; Desa Sumberpetung 1 Masjid ; Desa Sukowilangun 2 Masjid dan Desa Arjowilangun 3 Masjid.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 10.30 WIB.

0 351

Guru Ngaji

Selasa,(02-07) Bertempat di Pendopo Kecamatan dilaksanakan Pembagian Dana Bantuan bagi Guru Ngaji TPQ ; Guru Sekolah Minggu (Agama Kristen / Katolik) dan Guru Sekolah Pasraman (Agama Hindu) .

Untuk kecamatan kalipare Jumlah penerima sebanyak 215 orang dengan nila uang Rp. 53.750.000,- ( Rp. 250.000,- per orang )