Kesehatan

0 256

Kader Kes.
Kamis, (12/10) Bertempat di Balai Pertemuan Puskesmas Kalipare dilksanakan Refresing Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Kalipare yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Posyandu dalam rangka peningkatan Sumberdaya Manusia Kader Kesehatan baik yang lama maupun Kader yang Baru.
Taufik Nurahman, SSTP, MAP selaku Sekcam Kalipare dalam sambutan atas nama Camat Kalipare menyampaikan .
– Permohonan maaf atas ketidak hadiran Bapak Camat karena bebarengan acara di Kabupaten yaitu Upacara HUT Propinsi Jawa Timur.
– Perkenalan karena beliau adalak pejabat baru.
– Sebagai Kader Kesehatan merupakan ujung tombak disetiap Posyandu, maka harus tetap semangat.
– Kita harus merasa bangga karena angka kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Malang menurun drastis, itu semua tidak terlepad juga dari peran serta para kader.
Pengisian materi dari personil Puskesmas Kalipare antara lain : Tata Nilai Puskesmas untuk Akreditasi ; ODF, Gizi, Inofasi Puskesmas serta Survey Keluarga Sehat.
Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 Wib berjalan aman tertib dan terkendali.

0 204

aaUntitled
Rabu (19/07), Bertempat di Balai Pertemuan Puskesmas Kalipare dilaksanakan Mini Loka Lintas Sektor Bidang Kesehatan yang dihadiri oleh Muspika, Kpala Puskesmas beserta Jajaran, Kepala Instansi/UPT tingkat Kecamatan , Kepala Desa se Kecamatan , semua Ketua Tim Penggerak PKK Desa, Ketua Muslimat dan Fatayat.
Guna memenuhi Standart Akreditasi di Puskesmas terdapat poin dimana peran serta Lintas Sektor Bidang Kesehatan sudah terbangun dengan baik.
Mini Loka menurut dr. Imam selaku Kepala Puskesmas bertujuan untuk menyampaikan Capaian Kinerja Puskesmas Kalipare juga untuk koordinasi pelaksanaan Program Imunisasi Campak dan Rubela (MR) yang akak dilaksanakan pada bulan Agustus dan September disamping itu Lintas Sektor antara Muspika dengan Puskesmas mengadakan pembinaan bagi Petugas Medis/Kesehatan diluar Puskesmas.
Indra Gunawan selaku Camat Kalipare dalam pidato pembukaan menyampaikan :
– Pelayanan kesehatan diharapkan dapat menjangkau disemua lapisan masyarakat, utamanya bagi penududuk kurang mampu termasuk yang bermukim di tanah Negara/hutan.
– Untuk Kepala Desa agar membuat program Bedah Rumah yang dananya diambilkan dari ADD / DD.
– Himbauan Komitmen bersama dalam penanganan Keamanan, Ketertiban dan Kesehatan Masyarakat merupakan antisipasi bersama, termasuk kunjungan ke masyarakat / penduduk secara intensif sehingga masyarakat merasa diperhatikan.
Acara dilanjutkan penyampaian materi oleh Petugas Medis dari Puskesmas Kalipare

0 365

Fogging 1
UPT Puskesmas Kalipare bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Senin, 15-08-2016 melaksanakan Fogging di Dusun Krajan I Rt. 1 Desa Putukrejo.
Kegiatan ini dilaksanakan karena ada laporan dari masyarakat kejadian Demam Berdarah di beberapa dusun dan sudah ada yang ditangani di Puskesmas Kalipare, yang kemudian oleh Kepala Puskesmas diteruskan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dan langsung ditindak lanjuti.
Nyamuk Aedes aegypti umumnya memiliki habitat di lingkungan perumahan, di mana terdapat banyak genangan air bersih dalam bak mandi ataupun tempayan. Maka dalam setiap kesempatan penyuluhan kepada masyarakat diinformasikan cara yang hingga saat ini masih dianggap paling tepat untuk mengendalikan penyebaran penyakit demam berdarah adalah dengan mengendalikan populasi dan penyebarannya.
Program yang sering dikampanyekan di Indonesia adalah 3M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur.
• Menguras bak mandi, untuk memastikan tidak adanya larva nyamuk yang berkembang di dalam air dan tidak ada telur yang melekat pada dinding bak mandi.
• Menutup tempat penampungan air sehingga tidak ada nyamuk yang memiliki akses ke tempat itu untuk bertelur.
• Mengubur barang bekas sehingga tidak dapat menampung air hujan dan dijadikan tempat nyamuk bertelur.

0 414

Akseptor
Senin,(08/08) Dalam menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 71 tahun 2016 bertempat di Puskesmas Kalipare kerja sama antara Badan KB, Dinkes dan TP. PKK melaksanakan pelayanan Keluarga Berencana.
Acara dimulai pukul 08.30 Wib sampai 12.00 Wib dengan hasil pelaksanakan Implan sebanyak 31 akseptor dan Iud 6 akseptor

0 311

1.  PIN

Rabu, (08/03) bertampat di Pos PIN Flamboyan I Dusun Krajan I Desa Tumpakrejo Muspika bersama Kepala Puskesmas Kalipare (drg. Imam Mashud) yang didampingi dari Perwakilan WHO (Bpk. Fauzi) dan Staf Dinas Kesehatan Kabupaten Malang mencanangkan awal dimulainya perlayanan PIN Polio selama sepekan.

Di Kecamatan kalipare terdapat   4.871 sasaran yang akan dilayani 84 Pos PIN yang tersebar di seluruh Desa se Kecamatan Kalipare. adapun target sasaran per desa sebagai berikut :

Desa Putukrejo 252 sasaran ;

Desa Kalipare 857   sasaran :

Desa Sumberpetung   547 sasaran ;

Desa Sukowilangun     484 sasaran ;

Desa Tumpakrejo   423 sasaran ;

Desa Arjosari 540 sasaran ;

Desa Kalirejo 223   sasaran :

DEsa Arjowilangun   1263 sasaran ;

Desa Kaliasri 282 sasaran,

Mengingat lokasi yang kurang mendukung maka kegiatan PIN dibagi dengan jadwal tanggal 08 -03- 2016 Desa Tumpakrejo , Kaliasri , Putukrejo dan Dusun Banduarjo Sumberpetung.

Tanggga 10 -3- 2016 Desa Sukowilangun , Kalipare dan Dusun Cungkal Sumberpetung

Tanggal 11 -03- 2016 Desa Arjowilangun, Arjosari, dan Desa Kalirejo.

Untuk sisa hari yaitu yanggal 12 s/d 15 Maret 2016 akan dilaksanakan sweeping door to door mencari sasaran yang belun mengikuti PIN sehingga target   95 % terpeuhi

Semoga kegiatan ini berjalan lancer tanpa kendala.

0 385

1.Untitled

Selasa (17/11), Guna menunjang keberhasilan penekanan angka kelahiran dan laju pertambahyan penduduk, hari ini bertempat di Puskesmas Kalipare Kodim 0818 Kabupaten Malang mengadakan Safari KB pelayanan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) yang diikuti oleh Ibu Pasangan Usia Subur.

Acara dimulai pukul 08.30 WIB sampai 13.00 WIB dengan hasil : Pelayanan Implan 21 Akseptor dan IUD 3 Akseptor.

Safari dilaksanakan serentak seluruh jajaran Kodam V Brawijaya, sedangkan untuk Kodim 0818 Malang dipusatkan di Kalipare, dan untuk tahap II dilaksanakan tanggal 19 Nopember 2015 bertempat di Puskesmas Wonosari.

0 553

1.Lomba Balita '15

Selasa, (28-07) Tim Penggerak PKK Kecamatan mengadakan Lomba Balita Sehat Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ynag ke 70 tahun 2015.

Lomba diikuti oleh masing-masing desa 2 balita yang mewakili kelompok umur 0 – 24 bulan dan 2 – 5 tahun.

Tim juri dari TP-PKK Kecamatan dan Kepala Puskesmas, Bidan dan Para Medis.

Untuk kelompok umur 0 – 24 bulan juara I adalah Hasna Azzahra dari Desa Sukowilangun , Juara II adalah Walid Amirulloh dari Desa Kalipare sedang juara III adalah Surya Kala Senja dari Desa Arjowilangun.

Sedang untuk kelompok umur 2 – 5 Tahun Juara I adalah Syifa Lubna dari Desa Kalipare, Juara II adalah Joesavianna Maharani dari Desa Kaliasri dan Juara III adalah Mayla Syifa dari Desa Putukrejo.

Untuk Juara I nantinya akan mewakili Kecamatan Kalipare dalam Lomba Balita Tingkat Kabupaten Malang.

0 470

Ternak TPR

Selasa,(16-06) bertempat di Pendopo Desa Tumpakrejo dilaksanakan penyuluhan Kesehatan Target Bebas Lalat dan Diare oleh Dokter Muda Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang.( dr Durotul Ikrima; dr Yunita; dr Ikrima dan dr Agung ) bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Malang

Latar belakang dilaksanakan kegiatan adalah di Desa Tumpakrejo sangat banya warganya yang memelihara/ beternak Ayan Potong dan Ayam Petelor sehingga lalat menyebar dimana-mana. Lalat adalah pembawa sumber penyakit utamanya Diare.

Penderita Diare menjadi terbanyak ke 3 dari pasien di Puskesmas Kalipare baik itu yang rawat jalan maupun rawat inap.

Dari Dinas Peternakan Kabupaten Malang yang diwakili oleh ibu drh. Retno menyampaikan tentang bagaimana meminimalisasi pertumbuhan lalat dengan insektisida yang aman.

0 1419

KELAS BUMIL
Setiap tanggal 20 / 1 bulan sekali Polindes Kaliasri dengan Bidan Desa SUWATI mengadakan kelas Ibu Hamil yang bertujuan memberikan arahan dan keterangan sekaligus penurunan angka kematian ibu dan anak sekaligus meningkatkan cakupan persalinan Nakes.
Adapun materi yang diberikan kali ini adalah :
– Kesehatan Ibu Hamil ;
– Kesiapan ibu dalan persalinan serta
– Pemeriksaan HIV Ibu Hamil.