Perekonomian

0 215

Kamis, (05/10) Bertempat di Pendopo Desa Arjosari,Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang mengadakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak untuk Peternak Sapi se Desa Arjosari.
Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang beserta 5 otrang Staf ; Kepala Desa Arjosari dan semua Perangkat Desa serta peternak sapi se Desa Arjosari
Imam mahmudi, S.Pd selaku Kepala Desa dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat utamanya peternak mendapatkan ilmu tentang pemeliharaan ternak sapi.
Dari Kepala Dinas Peternakan menyampaikan bahwa ternak di Kabupaten Malang saat ini adalah 61.000 ekor penggemukan dan 37.000 ekor sapi perah, dari sekian banyak itu masih dikelola secara tradisional, sedang di Kecamatan Kalipare yang polupasinya sekitar 15.000 ekor untuk mencari 50 eko yang ngeblok di satu tempat itu sangat kesulitan. Maka program dari dinas akan membentuk SPR yaitu Sentra Peternakan Rakyat, dimana akan dibentuk pengurus yang mempersatukan ternak disuatu tempat minimal 1.000 ekor dan peternak sebagai anggota diharuskan menjual ternaknya ke SPR dengan asumsi harga lebih tinggi dari pasar.
Kepala Dinas juga mengenalkan Asuransi Usaha Ternak Sapidari Asuransi Jasindo dengan program AUTS (Asuransi Usaha Ternak Sapi) program Subsidi Premi
Acara dimulai pukul 10

0 268

1. Raskin
Dalam rangka menekan angka kemiskinan maka Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur membuat program pengadaan Beras Bersubsidi diluar dari program Rastra.
Untuk Kabupaten Malang yang terdiri dari 33 Kecamatan terdapat 17 Kecamatan yang memdapatkan program tersebut dan untuk Kecamatan Kalipare ada 2 desa yang mendapatkan dari 9 desa yang ada yaitu Desa Kalipare dan Desa Arjosari dimana untuk Desa Arjosari mendapatkan 326 RTS yang dibagikan pada tanggal 08 September 2017 sedangkan untuk Desa KAlipare mendapatkan 324 RTS dibagikan tanggal 11 September 2017. Untuk masing masing RTS mendapatkan 5 Kg dalam 1 sak dan mengganti sebesar Rp. 1.600,- per Kg.
Sayangnya data yang diberikan adalah data dari Tahun 2010 yang lalu sehingga ada beberapa RTS yang sudah tidak termasuk kategori miskin masih menerima.
Dalam pelaksanaan pembagian beras bersubsidi tersebut bertempat di Balai Desa masing-masing yaitu Arjosari dan Kalipare berjalan lancar tanpa kendala suatu apapun.

0 199

Bagi
Rabu (30/08) , Bertempat di Pendopo Kecamatan Kalipare dilaksanakan Penyaluran Bantuan Langsung Non Tunai (BLNT) Program Keluarga Harapan (PKH), dimulai pukul 08.00 WIB.
Mandri, SE selaku Pendamping Kecamatan dalam wawancara menyampaikan bahwa Bantuan Langsung Non Tunai ini diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) sejumlah 589 keluarga dengan tiap penerima mendapatkan uang sejumlah Rp. 1.500.000,- dalam bentuk tabungan BNI 1946 dan untuk hari ini diterimakan Rp. 500.000,- dan sisanya ada di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
Hingga acara berakhir yang berhalangan hadir / belum mengambil ada 16 pemanfaat selain 44 pemanfaat dari DEsa Kalirejo yang yang penyalurannya masih dijadwalkan kemudian.
Acara berakhir pada pukul 16.45 WIB dengan lancar, tertib dan aman.

0 231

001
Rabu, (02/08) Bertempat di Balai Pertemuan Desa Arjowilangun dilaksanakan Pembinaan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) oleh Dinas Perternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang dan diikuti oleh 9 Gapoktan Kelompok Peternak Sapi se Desa Arjowilangun.
Tujuan dilaksanakan penyuluhan adalah agar peternak mendapatkan cara mengembangkan sapi betina jika di pasarkan menjadi mahal yang nantinya akan dilaksanakan pelatihan penggemukandan pengembangan sapi betina. Disamping itu juga dilaksanakan pendataan sapi khususnya sapi betina.

0 397

BPN 10
Selasa (07/02), bertempat di Balai Desa Tumpakrejo dilaksanakan Sosialisasi Prona dan Lutor oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang. Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Sosialisasi BPN Kabupaten Malang dan Tim ; Muspika Kalipare, Kepala Desa dan Perangkat Desa Tumpakrejo serta calon penerima program.
Heru Sumbodo selaku Kepala Desa menyampaikan ucapan terima kasih karena hingga saat ini masih diberikan bantuan Prona (Sertifikat Tanah Masal)mulai tahun 2015 dan untuk tahun ini direncanakan mendapatkan 300 Buku Sertifikat, untuk itu hari ini juga kita membentuk Kepengurusan Paguyuban Pemohon Sertifikan yang mewakili mengurus kelengkapannya ke Kantor BPN.
Sekcam Kalipare mengharapkan dengan adanya Prona ini dapat membantu masyarakat dan yang mendapatkan program agar saling bantu dalam prosedur yang segala sesuatunya dapat dikomunikasikan dengan Pengurus Paguyuban .
Kapolsek Kalipare H. Fatkhur Rochman S.Pd menghimbau keteriban dan ketelitian Paguyuban untuk menjaga situasi dan kondisi yang kondusip, tidak terjadi penyimpangan.
Sedang dari BPN Kabupaten Malang menyampaikan bahwa program ini sudah disepakati oleh Provinsi adalah gratis / tidak dipungut biaya. Namun terkait kebutuhan Administrasi yang berupa Patok, Foto Copy-foto Copy, Materai dan urusan pengukuran terkait batas adalah kewajiban pemohon yang segala sesuatunya diurus oleh Paguyuban. Kantor Pertanahan bertugas memfasilitasi sampai setipikan diterima pemohon dengan benar dan baik, harapan Pemerintah program ini dapat meningkatkan tarap hidup masyrakat dan mengentaskan kemiskinan.

0 424

Ternak Itik
Rabu (14/09), Bertempat di rumah Sdr. Sumardi Dusun krajan II Desa Putukrejo 9 Kelompok ( 54 orang ) Perternak Itik se Kecamatan Kalipare dikumpulkan untuk menerima penyuluhan Kesehatan Hewan Unggas utamanya pencegahan Flu Burung.
Acara dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Peternakan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang dengan Nara Sumber drh. Anung dari Dinas Peternakan dan dihadiri Camat Kalipare , Petugas BKP3 Kecamatan Kalipare, Mantri Peternakan serta peninjau dari Donomulyo.
Camat Kalipare dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Dinas Peternakan yang selama ini telah banyak membantu masyarakat Peternak Kalipare baik itu bantuan Sapi Gaduhan, Penggemukan Sapi, Sapi Perah dan Pengembangan Itik juga bantuan peralatan seperti alat pembuat pakan ternak, selep kotoran hewan untuk kompos dan sebagainya dimana itu dapat menciptakan lapangan pekerjaan sehingga dapat menekan warga yang ingin ke luar negeri menjadi TKW/TKI.
Sedang Kepala Dinas Peternakan menyampaikan bahwa kita bertanggungjawab terhadap bahan pangan yang berasal dari hewani yaitu penyediaan kebutuhan protein yang baik dan sehat. Peternakan di Kabupaten malang menyumbang 5,2 triliun terhadap income percapita, itu berarti kerja keras kita perlu diperhitungkan. Di Kabupaten Malang alhamdullillah dalam decade ini tidak ditemui adanya endemic penyakit hewan, walau dekikian kita tidak harus mengabaikan perubahan cuaca yang sangat tidak menentu yang memicu timbulnya virus bibit penyakit.
Pemerintah kabupaten Malang masih akan tetap mensuport dana untuk pengambangan ternak, dalam waktu dekat Kelompok Ternak Itik Mitra Sejati akan mendapatkan bantuan Mesin Penetas, guna menunjang kebutuhan akan bibit itik.
Drh, Anung dalam penyuluhannya menyampaikan sekilas tentang Flu Burung atau Avian Influensa (H5N1), Epidemi penularannya, Cara penularan, Sifat Virus H5N1, Daya tahan virus dalam ruang terbuka dan Pencegahan Flu Burung serta Penanganan wabah Virus baik pada ternaknya dan manusia.
Acara berjalan dimulai pukul 09.00 sampai 14.00 WIB berlangsung tertib dan lancar.

0 435

Bazar16
Sabtu,(25/06)pada pukul 07.30 WIB Bupati Malang Bapak H.Rendra Kresna bersama Bapak Wakil Bupati Malang Bapak H. Sanusi dadampingi Dr. Warno Harsono Kepala Disperindag Propinsi Jawa Timur berkenan membuka PASAR LEBARAN tahun 2016 di Halaman Pendopo Kecamatan kalipare.
Pasar Lebaran prakarsai oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindag dan Pasar) Kabupaten malang yang diikuti oleh + 80 peserta/stan dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) Asosiasi Pasar Tani (Aspartan), Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan, PG Krebet, PG Kebon Agung dan rekanan antara lain Indomart, Alfa Mart, Dunkin Donut dll.
Kepala Disperindag PropJatim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati Malang atas terselenggaranya kegiatan ini karena sangat membantu masyarakat dalam menyambut Lebaran.
Sedangkan Bapak Bupati menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenalkan Produk IKM dan Aspartan disamping sebagai ajang promosi serta tidak kalah pentingnya yaitu untuk menstabilkan harga menjelang Hari Raya Idul Fitri sehingga dapat membantu masyarakat utamanya masyarakat kecil, dengan menyediakan aneka kebutuhan lebaran. Sebelum menyampaikan sambutan Bapak Bupati terlebih dulu memberikan Bantuan Sembako kepada 10 orang kaum duafa.
Disamping menyediakan kebutuhan pokok juga menyediakan Penukaran Uang Baru dalam bentuk 20 ribuan, 10 ribuan, 5 ribuan dan 2 ribuan yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia, Bank Jatim dan BanK UMKM Jatim di kepanjen.
Acara ini diselenggarakan bukan semata untuk menyaingi Pasar Tradisional dan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu (25 & 26 Juni 2016).

0 622

1Sapi Perah
Dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian Masyarakat utamanya Peternak Sapi Perah, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang pada hari Rabu , 11 Mei 2016 memberikan Hibah Sapi Perah sebanyak 20 ekor kepada 2 Kelompok Peternak yaitu Kelompok “SUBUR” dan Kelompok “MANUNGGAL ABADI” Desa Arjowilangun dari Dana APBD Tahun 2016.
Pendistribusian dilakukan 2 tahap, tahap I tanggal 19 April 2016 untuk Kelompok “SUBUR” yang diketuai Bapak Sutoyo Dusun Duren dan tahap II tanggal 11 Mei 2016 untuk Kelompok “MANUNGGAL ABADI” yang diketuai Bapak Ngatiman Dusun Pangganglele.
Menurut Heru Sukamto Petugas Tehnis Peternakan Kecamatan Kalipare , Bantuan ini untuk stimulant kepada masyarakat dengan bentuk Hibah Sapi Perang Dara Binting, maksudnya Sapi yang diberikan masih Dara dan dalam keadaan bunting 3 – 4 bulan.
Produksi Susu Sapi yang sudah berjalan mencapai 650 liter per hari, karena belum mencukupi kuota pabrik maka peternak bergabung dengan Milk Kindo Kepanjen debagai distributor.

0 325

1.Sensus
Hari ini Apel Pelepasan Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016 delaksanakan serentak se Kabupaten malang, untuk Tingkat Kabupaten Malang dilaksanakan di Halaman Pendopo Panji yang dpimpin oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, sedang untuk Kecamatan Kalipare acara dipimpin oleh Kasi EKBang & PP Kecamatan.
Di Wliayah kecamatan Kalipare terdapat 75 personil / Petugas yang terdiri dari 56 orang Petugas Pecacah Lapangan (PCL) dan 19 orang Petugas Pemeriksa Lapangan (PML).
Kasi Ekbang &PP dalam sambutannya menyampaikan dan menekankan bahwa Pentingnya hasil Sensus Ekonomi ini untuk menentukan Pembangunan ke depan, maka pelaksanaannya harus ada kesungguhan dan ketelitian sehingga akurasi data akan tercipta.