Kemasyarakatan

0 187

Beground 3
Sabtu, (09/12) Dimulai pukul 13.30 WIB bertempat di Pendopo Desa Arjowilangun dilaksanakan Silaturohmi Polres Malang bersana Tiga Pilar denga Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dalam rangka Harkamtibmas dan Antisipasi Intoleransi.
Dengan Nara SumberPasoter Kodim 0818 Malang, Kasi Intel Polres, Kasi Bimaspol dan Dai Polres Malang (KH Imam Ma’ruf).
Camat Kalipare dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tiga Pilar dilaksanakan mulai dari Tingkat Provinsi, Kabpaten/Kota, Kecamatan dan Desa,. Camat merupakan Hakim penyelesaian dengan pendekatan kemasyarakatan/musyawarah; sedang untuk Kapolsek pendekatan penyelesaian perkara dengan bahasa Hukum lain halnya dengan Danramil.
Pada intinya silaturohmi menghasilkan Indahnya Kebersamaan, saling menghormati, bijak dalam berfikir dan bertindak.
Acara berakhir pukul 16.45 WIB berjalan tertib, aman dan terkendali.

0 200

BKB 2017
Selasa, (12-09) bertempat di Pendopo Kecamatan Kalipare Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang mengadakan Rapat Teknis Bina Keluarga Balita (BKB) yang diikuti oleh Kader BKB se Wilayah Kecamatan Kalipare sebanyak 36 orang.
Taufik Nurahman, SSTP, MAP selaku Sekcam Kalipare dalam sambutan mewakili Camat Kalipare menyampaikan pertama perkenalan karena beliau merupakan orang baru di Kecamatan Kalipare , kedua memberikan motifasi kepada para kader agar melaksanakan tugas sosial ini dengan hati yang tulus dan yang ketiga menitipkan agar pengendalian progran Keluarga Berencana di Kecamatan Kalipare untuk lebih ditingkatkan.
Ir. Pamuji, SAP (Kabid Ketahanan Keluarga) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang sebagai pemateri menjelaskan tentang Perkembangan dan Pertumbuhan Anak (Bayi dan Balita) dan juga harapan dari Dinas agar semua Keluarga balita harus ikut aktif dalam program Bina Keluarga Balita dan Pos Yandu
Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.50 WIB berjalan aman tertib dan terkendali.

0 378

Kemiskinan
Senin,(06/03) Bertempat di Balai Pertemuan Kecamatan dilaksanakan Rapat Verifikasi Data Kemiskinan yang diikuti oleh Modin se Kecamatan , Petugas PKH , Kasi Kesos Kecamatan dan dipimpin langsung Camat Kalipare
Data dari Bappeda Kabupaten Malang untuk Kecamatan Kalipare terdapat 6.273 yang harus diverifikasi oleh para modin dalam hal ini harus dicek lapangan apakah masih dalam klasifikasi miskin atau sudah kategori mampu berarti bias digantikan dengan yang masih Kategori miskin tapi belum terdaftar ( tidak boleh ditambahkan/ hanya tambal sulam )
Untuk Bedah Rumah diharapkan setia desa membentuk Tim yang menentukan dan melaksanakan. Sedang dananya dianggarkan lewat ADD/DD satu desa satu Bedah Rumah.
Acara dilulai pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB.

0 1866

1.Sumber
Selasa,(21/02) Dengan munculnya sumber mata air baru di Dusun Darungan Desa Kalirejo Kecamatan Kalipare pada malam Jum’at Legi dan mulai rame dikunjungi oleh masyarakat luas pada hari Selasa Kliwon kemaren hingga satu minggu berselang namun air masih mengucur deras, maka warga masyarakat Desa Kalirejo mengadakan tasyakuran/selamatan bermunajat kepada Alloh yang Maha Pemberi karena telah diberikan berkah yang selama ini kesulitan mencari air bersih lalu dimunculkan sumber mata air yang besar.
Bersamaan dengan kegiatan diatas Bapak Sanusi Wakil Bupati mengadakan kunjungan meninjau lokasi Sumber Air (dinamakan Sumber Kalirejo) didampingi oleh Letkol Arm. Muridan, M.Si Komandan Kodim 0818 Malang, Bapak Nasri Kepala Dinas Pertanian, Bapak Moch. Anwar Kepala Dinas Sumberdaya Air serta Bapak Samsul Direktur PDAM Kabupaten Malang.
Berdasarkan tes Laborat oleh PDAM dinyatakan bahwa airnya tidak mengandung zat-zat yang berbahaya artinya layak minum namun harus didiamkan selama 24 jam untuk menurunkan kadar kalsium yang terkandung.
Letkol Arm. Muridan, M.Si dalam sambutannya menyampaikan agar masyarakat menjaga dan merawat sumber dengan sungguh-sungguh, karena menurut informasi pengunjungnya rame hingga jam 2 malam maka keamanan perlu ditingkatkan.
Sedang Wakil Bupati dalam sambutannya menghimbau kepada masyarakat pengunjung agar jangan langsung minum dari sumber lebih baik di masak terlebih dulu.
Acara dimulai pukul 09.20 WIB hingga pukul 12.45 WIB dengan sukses , lancar, aman dan terkendali.

0 441

Beground 1
Senin,(24/10) setelah Senin kemarin Kecamatan Kalipare menerima Tim Verifikasi Dokumen dan Visitasi Panji-panji Keberhasilan Pembangunan maka hari Senin ini menerima Tin Penilai Lomba Kecamatan Berseri sebanyak 6 orang.
Tim diterima di Balai Dusun Panggang lele dimana disana diajukan pada Indikator Lingkungan Perumahan Sehat, ada 5 indikator yang diajukan penilaian lapangan antara lain Bidang Lingkungan diwakili Dusun Pangganglele Desa Arjowilangun, Bidang Pendidikan diwakili Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kalipare di Arjowilangun dan SMP Negeri 1 Kalipare, Bidang Pekarangan Sehat di Dusun Kampungbaru Desa Sukowlangun, Bidang Kesehatan di Puskesmas Pembantu Arjowilangun, Pengelolaan Bank Sampah di Dusun Tawang Desa Sukowilangun dan Dusun Cungkal Desa Sumberpetung, Pengelolaan Pasar Desa di Desa Kalipare dan Areal Perkantoran di Kantor Desa Kalipare dan Kantor Kecamatan. Setelan peninjauan lapangan Tim merasa puas dengan apa yang disajikan dan dikunjungi.
Acara dimulai pukul 08.30 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB.
Beground 2

0 463

2016
Minggu,(23/10) Masyarakat Desa Arjosari Kecamatan Kaliparemengadakan Karnaval Seni Budaya dalam rangka Bersih Desa, acara dimulai pukul 10.30 dengan route Start Lapangan Dusun Mentaraman menuju Dusun Sumbertimo / depan Balai Desa dan Finis di Pertigaan Dusun Kedungwaru I, ada lebih kurang 40 kelompok yang mengikuti pawai mulai dari Perangkat Desa beserta istri juga Kepala Desa, TK 4 kelompok, SD 5 kelompok, SMP 1 kelompok dan lainnya kelompok RT dari 5 dusun yang ada.
Kemeriahan dapat dilihat dari penontonnya yang membludak bahkan hanya dari warga sekitar namun juga dari desa sekitar bahkan ada yang dari Kecamatan Sumberpucung juga dari wilayah Kabupaten Blitar.
Walaupun diguyur hujan lebat baik peserta maupun penontonnya tetap antusias dan semangat .
Peserta terakhir tiba finis pukul 17. 50, acara berjalan dengan tertib dan terkendali.

0 414

Pengajian
Setiap hari Selasa Pihing di bulan Selo dalam penanggalan jawa masyarakat Desa Putukrejo Kecamatan Kalipare melaksanakan Sedekah Bumi atau yang banyak dikenal dengan Bersih Desa.
Untuk Tahun 2016 ini jatuh pada tanggal 30 September 2016 dilaksanakan dengan sangat meriah karena bebarengan dengan HUT RI yang ke 71.
Adapun rangkaian acaranya adalah Minggu 28 Agustus Pawai / Karnafal yang diikuti oleh TK, SD dan Warga masyarakat, Selasa 30 Agustus dilaksanakan Pagelaran Wayang Kulit dengan Ki Dalang Hernowo Dari Blitar dengan Lakon Tumurune wahyu pusoko jiwo d sebelumnya pada siang hari digelar Wayang Ruwatan, sedang Rabu 31 Agustus siang hari dilaksanakan Kataman Al-Qur’an dan diteruskan malamnya Pengajian Umum yang disampaikan oleh Kh. Agus Muadzim dari Blitar.

0 823

1.6 Awil
Gaung Semarak Pesta Adat Bersih Desa Arjowilangun tahun 2016 sudah terasa mulai Selasa 02 Agustus 2016 padahal acara puncaknya baru dilaksanakan Jum’at 05 Agustus 2016, dengan agenda yang telah tersusun antaralain tanggal 2 – 6 Agustus di sekitar Balai desa dilaksanakan Bazar yang didalamnya ada pameran Miniatur Truk Sound dengan dihibur Orkes Melayu. Tanggal 3 Agustus dilaksanakan Hiburan Orkes Melayu Anak-anak Tanggal 4 Agustus pukul 13.00 s/d 19.00 WIB dilaksanakan Napak Tilas Eyang Merto Widjojo yang merupakan cikal Bakal Warga Desa Arjowilangun dilakjutkan hiburan Orkes Melayu dengan Bintang Tamu Demy, Vandra. Tanggal 5 Agustus pukul 06.00 dilaksanakan Selamatan di Punden Desa dan dilanjutkan Lomba lari Maraton dengan peserta umum yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah . Tanggal 5 Agustus pukul 12.03 WIB – 18.00 WIB dilaksanakan Kirap arak-arakan simbul Desa yang diimplementasikan dalam bentuk Boneka Sukoco-Sukeci yang masyarakat menyebut dengan Leang Leong dan juga diiringi berbagai bentuk kesenian dengan start Di Dusun Lodalem keliling desa dan Finis di Balai Desa yang kemudian dilanjutkan Upacara Sakral dan resepsi Tanggal 6-8 Agustus pukul 18.00 dilaksanakan Do’a Lintas Agama karena ada 5 Agama yang dianut oleh Masyarakat juga aliran kepercayaan. Tanggal 7 Agustus pukul 06.00 – selesai dilaksanakan Road Rice Jeep dan Motor Trail Tanggal 9 Agustus pukul 16.00 sampai selesai dilaksanakan Sepasaran dengan mengembalikan Leang Leong ke tempat Persemayamannya di rumah Juru Kunci di Dusun Darisan Rt 5 Rw 1 yang dimeriahkan dngan Kesenian Klanting, Sendra Tari Bedah Krawang dengan Tessy dan Topan. Sebagai penutup tanggal 10 Agustus dilaksanakan Pengajian Umum dengan Pembicara KH Rifa’I dari Blitar.

0 274

1.Polsek Srti
Rabu,( 03/08) , Pemit Kenal Kapolsek Kalipare yang lama AKP Suwarni, SH, M.Hum dan yang baru AKP H. Fatkhur Rahman, S.Pd dilaksanakan di Pendopo Desa Kalipare .
Acara dimulai pukul 09.15 WIB yang didahului dengan Sambutan Dan Ramil 0818/13 Kalipare mewakili Muspika, dilanjutkan dengan pamitan dan perkenalan, selanjutnya ular-ular/petuah dari Da’I Kamtibmas Kalipare H Yasid Bachtiar.
Saat ramah tamah dihibur dengan hiburan Organ Tunggal.

0 257

1.PKK Putuk
Selasa,(26/07) bertempat di Pendopo Desa Putukrejo dilaksanakan Pelatihan Kader Umum bagi Tim Penggerak PKK Desa , Kelompok PKK RW, RT dan Dasa Wisma se Desa Putukrejo oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang, acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan pemateri Ibu Norman, pada pukul 10.45 Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Ny. Jajuk Rendra Kresna tiba dilokasi.
Acara ditutup pukul 12.30 WIB dan diakhiri dengan photo bersama