Sosial

0 116

Begrond1
Dinas Sosial Kabuapten Malang memalui program Bantuan Penyandang Disabilitas telah memberikan bantuan berupa :
Kursi Roda 6 buah ;
Alat Bantu Pendengaran 2 buah;
Alat Bantu Jalan Kruk 3 buah ;
Alat Bantu Jalan tongkat 4 kaki 3 buah ;
Tangkat untuk Orang Buta 5 buah ;
Serta 11 paket sembako.
Kepada Warga Miskin di Kecamatan Kalipare. dan dibagikan Senin tanggal 08 Januari 2018 oleh Camat Kalipare.
Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Program Bapak Bupati dalam mengentaskan kemiskinan di Wilayah Kabupaten Malang lewat beberapa program, contohnya sekarang dari Dinas Sosial Kabupaten Malang yang telah memberikan bantuan kepada njenengan semua, semoga bantuan ini bermanfaat dan dapat digunakan sehari-hari.

0 114

Begroun 1

Sabtu,(09/12) dimulai pukul 09.30 WIB Bertempat di Balai Pertemuan KUA Kecamatan Kalipare dilaksanakan Musywarah Kecamatan MUI Kecamatan Kalipare dengan agenda pemilihan Pengurus Baru Periode 2017-2022, hadir dalam pembukaan Musyawarah Muspika , Kepala KUA , KH Soleh, M.Pd dari MUI Kabupaten Malang.
KH Imam Nawawi selaku Ketua periode 2012-2017 dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran semuanya dalam undangan yang serba mendadak, MUI dimasa sekarang ini banyak mendapatkan tantangan contohnya dalam Bidang Keagamaan timbul perpecahan menjadi aliran aliran baru juga isu isu nasional yang dalam perkembangan tehnologi informasi menjadikan masyarakat saling menghujad.
Sedang Muhammad Arifin Camat Kalipare pertama menyampaikan bahwa Camat/ Muspika selalu mendukung utamanya dibidang keagamaan, yang kedua Musyawarah Kecamatan ini harus dilaksanakan berdasarkan AD/ART, dalam pemilihan Pengurus utamanya Ketua ada tiga persyaratan menurutnya antara lain Mampu, Mau dan Sempat, dan yang ketia mengutip pernyataan Ketua MUI diatas Ketercepatan Informasi yang membuat banyak permasalahan di segala bidang, maka peran MUI agar menyampaikan kebenaran.
Fatkur Rochman,S.Pd selaku Kapolsek Kalipare menyampaikansebentar lagi akan menghadapi Natal dan Tahun Baru, maka Toleransi Umat Beragama hasur selalu dijaga juga dalam menghadapi Pemilu Kada Tahun 2018 Cipta Kondisi perlu dilakukan.
Sedang dari MUI Kabupaten menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Muspika dan Kepala KUA dimana hanya di Kecamatan Kalipare Musyawarah dihadiri lengkap oleh pimpinan.
MUI merupakan mitra pemerintah dalam menjaga Negeri ini menjadi kondusif.
Acara dihadiri oleh 38 orang dari 40 yang diundang dengan menghasilakan ketetapan Pimpinan baru MUI Kecamatan Kalipare yaitu KH Muhtadi Husain, Sekretaris Nurhadi,S.Ag sedang untuk Bendahara H Usman
Acara berjalan anam tertib dan terkendali. Diakhiri pukul 12.30 WIB.

0 163

Kader Kes.
Kamis, (12/10) Bertempat di Balai Pertemuan Puskesmas Kalipare dilksanakan Refresing Kader Posyandu di Wilayah Kerja Puskesmas Kalipare yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas Posyandu dalam rangka peningkatan Sumberdaya Manusia Kader Kesehatan baik yang lama maupun Kader yang Baru.
Taufik Nurahman, SSTP, MAP selaku Sekcam Kalipare dalam sambutan atas nama Camat Kalipare menyampaikan .
– Permohonan maaf atas ketidak hadiran Bapak Camat karena bebarengan acara di Kabupaten yaitu Upacara HUT Propinsi Jawa Timur.
– Perkenalan karena beliau adalak pejabat baru.
– Sebagai Kader Kesehatan merupakan ujung tombak disetiap Posyandu, maka harus tetap semangat.
– Kita harus merasa bangga karena angka kematian Ibu dan Bayi di Kabupaten Malang menurun drastis, itu semua tidak terlepad juga dari peran serta para kader.
Pengisian materi dari personil Puskesmas Kalipare antara lain : Tata Nilai Puskesmas untuk Akreditasi ; ODF, Gizi, Inofasi Puskesmas serta Survey Keluarga Sehat.
Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 Wib berjalan aman tertib dan terkendali.

0 140

Kamis, (05/10) Bertempat di Pendopo Desa Arjosari,Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang mengadakan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak untuk Peternak Sapi se Desa Arjosari.
Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang beserta 5 otrang Staf ; Kepala Desa Arjosari dan semua Perangkat Desa serta peternak sapi se Desa Arjosari
Imam mahmudi, S.Pd selaku Kepala Desa dalam sambutannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah agar masyarakat utamanya peternak mendapatkan ilmu tentang pemeliharaan ternak sapi.
Dari Kepala Dinas Peternakan menyampaikan bahwa ternak di Kabupaten Malang saat ini adalah 61.000 ekor penggemukan dan 37.000 ekor sapi perah, dari sekian banyak itu masih dikelola secara tradisional, sedang di Kecamatan Kalipare yang polupasinya sekitar 15.000 ekor untuk mencari 50 eko yang ngeblok di satu tempat itu sangat kesulitan. Maka program dari dinas akan membentuk SPR yaitu Sentra Peternakan Rakyat, dimana akan dibentuk pengurus yang mempersatukan ternak disuatu tempat minimal 1.000 ekor dan peternak sebagai anggota diharuskan menjual ternaknya ke SPR dengan asumsi harga lebih tinggi dari pasar.
Kepala Dinas juga mengenalkan Asuransi Usaha Ternak Sapidari Asuransi Jasindo dengan program AUTS (Asuransi Usaha Ternak Sapi) program Subsidi Premi
Acara dimulai pukul 10

0 182

1. Ngembul
Kamis (14/09), Pemerintah Kecamatan Kalipare bekerjasama dengan PGRI dan Pemerintah Desa Kalipare pada hari ini berhasil mengadakan Peletakan Batu Pertama pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Bedah Rumah). Bantuan diberikan kepada orang tua dari Sahrul Romadhon siswa berprestasi peraih 2 Medali Emas dalam Olympiade Olahraga Siswa Nasional Tahun 2017 di Kota Medan Sumatra Utara.
Sahrul Romadhon adalah siswa kelas 6 SDN Kalipare04 yang keadaan ekonomi oramg tuanya sangat tidak mampu, namun itu tidak mengendurkan semangatnya untuk berprestasi dalam bidang pendidikan maupun olah raga dan Bedah Rumah ini bertujuan pertama pengentasan Kemiskinan kedua memberikan penghargaan untuk memotifasi si anak agar mempertahankan prestasinya
Adapun lokasi peletakan Batu Pertama Bedah R umah yang di Dusun Ngembul Rt. 03 Rw. 03 Desa Kalipare oleh Komandan Koramil 0818 Kalipare , Sekcam Kalipare serta Kepla Desa Kalipare dan untuk pelaksanaan pembangunan rumah selanjutnya dikerjakan oleh warga sekitar dengan cara kerja bhakti sampai selesai.
Acara dimulai pukul 09.30 WIB sampai 10.45 WIB berjalan aman dan terkendali.

0 190

1. Raskin
Dalam rangka menekan angka kemiskinan maka Dinas Sosial Propinsi Jawa Timur membuat program pengadaan Beras Bersubsidi diluar dari program Rastra.
Untuk Kabupaten Malang yang terdiri dari 33 Kecamatan terdapat 17 Kecamatan yang memdapatkan program tersebut dan untuk Kecamatan Kalipare ada 2 desa yang mendapatkan dari 9 desa yang ada yaitu Desa Kalipare dan Desa Arjosari dimana untuk Desa Arjosari mendapatkan 326 RTS yang dibagikan pada tanggal 08 September 2017 sedangkan untuk Desa KAlipare mendapatkan 324 RTS dibagikan tanggal 11 September 2017. Untuk masing masing RTS mendapatkan 5 Kg dalam 1 sak dan mengganti sebesar Rp. 1.600,- per Kg.
Sayangnya data yang diberikan adalah data dari Tahun 2010 yang lalu sehingga ada beberapa RTS yang sudah tidak termasuk kategori miskin masih menerima.
Dalam pelaksanaan pembagian beras bersubsidi tersebut bertempat di Balai Desa masing-masing yaitu Arjosari dan Kalipare berjalan lancar tanpa kendala suatu apapun.

0 132

Bagi
Rabu (30/08) , Bertempat di Pendopo Kecamatan Kalipare dilaksanakan Penyaluran Bantuan Langsung Non Tunai (BLNT) Program Keluarga Harapan (PKH), dimulai pukul 08.00 WIB.
Mandri, SE selaku Pendamping Kecamatan dalam wawancara menyampaikan bahwa Bantuan Langsung Non Tunai ini diberikan kepada KPM (Keluarga Penerima Manfaat) sejumlah 589 keluarga dengan tiap penerima mendapatkan uang sejumlah Rp. 1.500.000,- dalam bentuk tabungan BNI 1946 dan untuk hari ini diterimakan Rp. 500.000,- dan sisanya ada di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
Hingga acara berakhir yang berhalangan hadir / belum mengambil ada 16 pemanfaat selain 44 pemanfaat dari DEsa Kalirejo yang yang penyalurannya masih dijadwalkan kemudian.
Acara berakhir pada pukul 16.45 WIB dengan lancar, tertib dan aman.

0 160

001
Rabu, (02/08) Bertempat di Balai Pertemuan Desa Arjowilangun dilaksanakan Pembinaan Sentra Peternakan Rakyat (SPR) oleh Dinas Perternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang dan diikuti oleh 9 Gapoktan Kelompok Peternak Sapi se Desa Arjowilangun.
Tujuan dilaksanakan penyuluhan adalah agar peternak mendapatkan cara mengembangkan sapi betina jika di pasarkan menjadi mahal yang nantinya akan dilaksanakan pelatihan penggemukandan pengembangan sapi betina. Disamping itu juga dilaksanakan pendataan sapi khususnya sapi betina.

0 135

aaUntitled
Rabu (19/07), Bertempat di Balai Pertemuan Puskesmas Kalipare dilaksanakan Mini Loka Lintas Sektor Bidang Kesehatan yang dihadiri oleh Muspika, Kpala Puskesmas beserta Jajaran, Kepala Instansi/UPT tingkat Kecamatan , Kepala Desa se Kecamatan , semua Ketua Tim Penggerak PKK Desa, Ketua Muslimat dan Fatayat.
Guna memenuhi Standart Akreditasi di Puskesmas terdapat poin dimana peran serta Lintas Sektor Bidang Kesehatan sudah terbangun dengan baik.
Mini Loka menurut dr. Imam selaku Kepala Puskesmas bertujuan untuk menyampaikan Capaian Kinerja Puskesmas Kalipare juga untuk koordinasi pelaksanaan Program Imunisasi Campak dan Rubela (MR) yang akak dilaksanakan pada bulan Agustus dan September disamping itu Lintas Sektor antara Muspika dengan Puskesmas mengadakan pembinaan bagi Petugas Medis/Kesehatan diluar Puskesmas.
Indra Gunawan selaku Camat Kalipare dalam pidato pembukaan menyampaikan :
– Pelayanan kesehatan diharapkan dapat menjangkau disemua lapisan masyarakat, utamanya bagi penududuk kurang mampu termasuk yang bermukim di tanah Negara/hutan.
– Untuk Kepala Desa agar membuat program Bedah Rumah yang dananya diambilkan dari ADD / DD.
– Himbauan Komitmen bersama dalam penanganan Keamanan, Ketertiban dan Kesehatan Masyarakat merupakan antisipasi bersama, termasuk kunjungan ke masyarakat / penduduk secara intensif sehingga masyarakat merasa diperhatikan.
Acara dilanjutkan penyampaian materi oleh Petugas Medis dari Puskesmas Kalipare

0 309

BPN 10
Selasa (07/02), bertempat di Balai Desa Tumpakrejo dilaksanakan Sosialisasi Prona dan Lutor oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang. Acara dihadiri oleh Kepala Bidang Sosialisasi BPN Kabupaten Malang dan Tim ; Muspika Kalipare, Kepala Desa dan Perangkat Desa Tumpakrejo serta calon penerima program.
Heru Sumbodo selaku Kepala Desa menyampaikan ucapan terima kasih karena hingga saat ini masih diberikan bantuan Prona (Sertifikat Tanah Masal)mulai tahun 2015 dan untuk tahun ini direncanakan mendapatkan 300 Buku Sertifikat, untuk itu hari ini juga kita membentuk Kepengurusan Paguyuban Pemohon Sertifikan yang mewakili mengurus kelengkapannya ke Kantor BPN.
Sekcam Kalipare mengharapkan dengan adanya Prona ini dapat membantu masyarakat dan yang mendapatkan program agar saling bantu dalam prosedur yang segala sesuatunya dapat dikomunikasikan dengan Pengurus Paguyuban .
Kapolsek Kalipare H. Fatkhur Rochman S.Pd menghimbau keteriban dan ketelitian Paguyuban untuk menjaga situasi dan kondisi yang kondusip, tidak terjadi penyimpangan.
Sedang dari BPN Kabupaten Malang menyampaikan bahwa program ini sudah disepakati oleh Provinsi adalah gratis / tidak dipungut biaya. Namun terkait kebutuhan Administrasi yang berupa Patok, Foto Copy-foto Copy, Materai dan urusan pengukuran terkait batas adalah kewajiban pemohon yang segala sesuatunya diurus oleh Paguyuban. Kantor Pertanahan bertugas memfasilitasi sampai setipikan diterima pemohon dengan benar dan baik, harapan Pemerintah program ini dapat meningkatkan tarap hidup masyrakat dan mengentaskan kemiskinan.