Kegiatan

Komunikasi menggunakan smartphone sudah menjadi kebutuhan hidup. Alat yang digunakan untuk komunikasi sudah tentu akan mengalami kerusakan karena faktor pemakaian. Jasa service handphone menjadi peluang pekerjaan baru yang sangat menggiurkan. Kondisi geografis yang jauh dari kota memungkinkan untuk membua peluang usaha di desa dalam bidang service handphone. Peluang ini di tangkap oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang untuk mengadakan mengadakan kegiatan pelatihan teknisi handphone. Pembinaan dan pelatihan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat sektor industri mesin, alat transportasi, elektronika dan telematika tahun anggaran 2018. Kegiatan pelatihan diadakan mulai tanggal 16-18 Oktober 2018 bertempat di Gedung serba guna KPRI SADAR Kecamatan Kalipare.

Kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 30 orang terdiri dari unsur karang taruna, pemuda, dan masyarakat yang bergerak di bidang usaha servis handphone di Kecamatan Kalipare. Selama tiga hari peserta pelatihan digembleng teori dan praktik. Hari pertama peserta diajarkan tentang bagaimana teknik flashing handphone mulai dari tahapan hingga software yang digunakan. hari kedua diberikan materi praktik pembongkarang handphone. Dalam proses pembongkaran ini dipraktekkan cara membongkar dan memasang konektor cas. Hari ketiga siswa melakukan ujian praktik yang terdiri dari tentang teori dan teknik pembongkaran dan pemasangan komponen handphone.

Pelatihan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. “adanya kegiatan pelatihan teknisi handphone ini diharapkan menjadi kegiatan positif dan menghasilkan nilai ekonomi, karena biasanya kalau tidak ada kegiatan positif seperti ini bisa saja pemuda terlibat dalam pergaulan negatif seperti narkoba” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang. Camat Kalipare Bapak Arifin yang sekaligus membuka acara pelatihan teknisi handphone mengungkapkan, “kegiatan teknisi handphone ini dapat mengurangi kemiskinan dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru”. Harapan Camat Kalipare, “peserta harus bisa menunjukkan ketanggapan, ikuti sebaik-baiknya ilmu pelatihan ini agar dapat diimplementasikan dilapangan” uangkapnya.

Setelah selesai pelatihan peserta juga diberi alat sederhana berupa pin set, mini obeng lengkap, sebuah handphone (untuk praktek), dan sertifikat pelatihan. Semua kelengkapan itu diberikan sebagai modal awal mengembangkan servis handphone. Pelaksanaan pelatihan teknis handphone di Kecamatan Kalipare memberikan angin segar kepada peserta pelatihan. Ilmu yang didapatkan menjadi skil dan bekal untuk membuka lapangan pekerjaan khususnya di bidang jasa servis handphone. Selain itu, jika masyarakat kalipare mengalami kejadian handphone rusak tidak jauh-jauh harus pergi ke kota.(Ndik)

Foto Kegiatan:

0 95

Peringatan HUT RI yangt ke 73 tahun 2018 di Kecamatan Kalpare  terbagi dalam beberapa kegiatan antara lain Pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2018 dimana sebanyak 72 Siswa Siswi yang terpilih diambil dari 4 lembaga setingkat SLTA se Kecamatan Kalipare, acara dimulai pukul 18.15 WIB sampai 19.00 WIB dan dilanjutkan dengan malam tasyakuran yang dihadiri oleh Muspika , UPT dan UPTD / Instansi se Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan warga sekitar Kantor Kecamatan.

Tanggal 17 Agustus 2018 pukul 09.45 WIB dilaksanakan Upacara Bendera dengan Irup Camat Kalipare Perwira dan Komandan Upacara dari Koramil 0818/13 Kalipare, dan peserta Upacara dari Korpri, UPT dan UPTD / Instansi se Kecamatan, Perangkat Desa, Linmas, Karang Taruna dan Ormas serta Siswa-siswi mulai dari SD , SLTP, dan SLTA. Pukul 16.00 dilakukan Upacara Penurunan Bendera dengan Irup Dan Ramil 0818/13 Kalipare Perwira dan Komandan Upacara juga dari Koramil 0818/13 Kalipare, acara berjalan lancar tertib dan terkendali.

Disamping itu juga ada kegiatan Lomba Gerak Jalan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2018 yang terbagi dalam Tingkat SD, SLTP, SLTA dan Peserta Umum. Sexang untuk Lomba Dusun Berseri penilaian dilaksanakan mulai tanggal 21 – 24 Agustus 2018.

0 227

Beground
Dalam rangka memperingati HUT Dharma Wanita Persatuan ke 18 Tahun 2017 dan untuk mengedukasi juga melatih ketrampilan Anak anak ,Persatuan Guru TK DWP Kecamatan Kalipare bekerja sama dengan JM Tapperware Malang mengadakan lomba mewarna dan kolase untuk TK DWP se Kecamatan.
Lilik M Arifin selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Unit Kecamatan Kalipare dalam sambutannya menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi kepada pengurus persatuan guru TK YDWP Kalipare yang telah berhasil melaksanakan kegiatan ini, semoga untuk tahun mendatang bukan hanya Lomba Melukis dan Kolase saja namun dapat dikembangkan dengan lomba-lomba yang lain.
Sedang Muhammad Arifin selaku Camat Kalipare dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat berlomba untuk anak anak, memang untuk membentuk otak anak agar lebih kreatif perlu adanya kegiatan semacam ini yang juga menjadikan ajang komunikasi anak, meningkatkan rasa sosial dan aware terhadap situasi.
Untuk hadiah disamping Piala yang disediakan oleh Panitia juga ada bunus dari produk-produk dari Tupperware.
Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan akan ditutup pukul 13.00 WIB.

0 242

Beground 3
Sabtu, (09/12) Dimulai pukul 13.30 WIB bertempat di Pendopo Desa Arjowilangun dilaksanakan Silaturohmi Polres Malang bersana Tiga Pilar denga Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dalam rangka Harkamtibmas dan Antisipasi Intoleransi.
Dengan Nara SumberPasoter Kodim 0818 Malang, Kasi Intel Polres, Kasi Bimaspol dan Dai Polres Malang (KH Imam Ma’ruf).
Camat Kalipare dalam sambutannya menyampaikan bahwa Tiga Pilar dilaksanakan mulai dari Tingkat Provinsi, Kabpaten/Kota, Kecamatan dan Desa,. Camat merupakan Hakim penyelesaian dengan pendekatan kemasyarakatan/musyawarah; sedang untuk Kapolsek pendekatan penyelesaian perkara dengan bahasa Hukum lain halnya dengan Danramil.
Pada intinya silaturohmi menghasilkan Indahnya Kebersamaan, saling menghormati, bijak dalam berfikir dan bertindak.
Acara berakhir pukul 16.45 WIB berjalan tertib, aman dan terkendali.

0 217

Beground 1
Rabu,(25/10) Bertempat di Pondok Pesantren Ar Ridhlo Desa Sukowilangun dilaksanakan Pelatihan Peningkatan Produktifitas Sayur Organik dan Produk Olahan Sayur.
Karang Taruna Suka Maju Desa Sukowilangun mulai tahun 2013 telah bekerjasama dengan CSR PJB UP Brantas Sutami mengadakan proyek Green House Sayur Organik dimana setiap tahun harus membentuk plasma baru dimana budidaya pertama tahun 2014 di pekarangan milik Junaidi Dusun Sukorejo ; tahun 2015 di pekarangan rumah Demik Dusun Tawang ; tahun 2016 di sebelah timur Balai Desa dan yang bertanggung jawab Sdr. Imam Syafi’I sedang u87ntuk tahun 2017 ini bekerjasama dengan Madrasah Aliyah Ar Ridhlo dengan harapan dapat menjadikan materi pembelajaran sekaligus memenuhi kebutuhan Pondok Pesantren selebihnya dipasarkan di luar.
Selama ini hasil produksi dipasarkan lewat Ir. Hari dari Sukun Malang yang menyalurkan ke supermarket supermarket di Malang dan Surabaya.
Dalam pelatihan kali ini untuk pelatihan produk olahan sayur (hari pertama) instruktur dari TP-PKK Desa Sukowilangun dengan materi membuat Mie dari Sayur , aneka kue dari sayur dan steak sayur sedang untuk hari kedua dengan materi pembuatan pupuk organik instruktur dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang.
Camat Kalipare dalam sambutan yang diwakili Taufik Nurohman selaku Sekcam menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Karang Taruna Suka Maju yang dengan kreatifitasnya bekerjasama dengan PJB Up Brantas Sutami telah dapat melaksanakan pelatihan ini dengan harapan dapat berkembang dan menjadikan ikon Desa Sukowilangun dengan Green Housenya.
Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai dua hari.

0 230

BKB 2017
Selasa, (12-09) bertempat di Pendopo Kecamatan Kalipare Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang mengadakan Rapat Teknis Bina Keluarga Balita (BKB) yang diikuti oleh Kader BKB se Wilayah Kecamatan Kalipare sebanyak 36 orang.
Taufik Nurahman, SSTP, MAP selaku Sekcam Kalipare dalam sambutan mewakili Camat Kalipare menyampaikan pertama perkenalan karena beliau merupakan orang baru di Kecamatan Kalipare , kedua memberikan motifasi kepada para kader agar melaksanakan tugas sosial ini dengan hati yang tulus dan yang ketiga menitipkan agar pengendalian progran Keluarga Berencana di Kecamatan Kalipare untuk lebih ditingkatkan.
Ir. Pamuji, SAP (Kabid Ketahanan Keluarga) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang sebagai pemateri menjelaskan tentang Perkembangan dan Pertumbuhan Anak (Bayi dan Balita) dan juga harapan dari Dinas agar semua Keluarga balita harus ikut aktif dalam program Bina Keluarga Balita dan Pos Yandu
Acara dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.50 WIB berjalan aman tertib dan terkendali.

0 301

01
Setelah di pagi hari dilaksanakan Upacara Peringatan kemerdekaan RI ke 72 maka pada sore harinya dimulai pukul 16.00 WIB dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara AKP Fatkur Rohcman,S.Pd Kapolsek Kalipare, Komandan Upacara Pelda Sutarjo Anggota Koramil 0818/13 Kalipare, Perwira Upacara IPTU Imam Arifin Anggota Polsek kalipare.
Setelah Upacara Undangan termasuk Pasukan Paskibra menuju Pendopo Kecamatan Kalipare dengan acara Tasyakuran yang mengambil momen 17 , 17 , 17 yaitu tanggal 17 Tahun 2017 jam 17.00 WIB.
Acara berjalan khidmat, lancar dan aman.
02

0 292

01
Senin (17/08) Upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke 72 Tahun 2017 Kecamatan Kalipare dipusatkan di Lapangan Olahraga Kalipare.
Upacara diikuti oleh Siswa-siswi SD/MI ; SMP , SMA/SMK; Mahasiswa KKN ; Pemuda ; Linmas ; Korpri dan TNI/Polri, bertindak sebagai Inspektur Upacara M. Arifin, S.Sos MM Camat Kalipare, Komandan Upacara AIPTU Subandi Anggota Polsek Kalipare , Perwira Upacara Peltu Suyono Anggota Koramil 0818/13 Kalipare, Pembaca Teks Proklamasi Drs. Santoso Ketua PGRI Kecamatan Kalipare
Sebelum Detik-detik Proklamasi dikumandangkan terlebih dahulu Siswa-siswi SD Negeri Kalipare I memperagakan Gerak Pasukan Polisi Cilik yang dengan sigap dan serempak harmonis.
Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera dari SMA Jendral Sudirman Kalipare, SMK Islam Arjowilangun dan SMK Syifak Kalipare dalam formasi 17 – 8 – 45.
Acara berjalan dengan khidmat , lancar dan aman.

0 295

aOP1
Rabu, (16/08) Dalam rangka peringatan Haru Ulang Tahun RI yang ke 72 Tahun 2016 bertempat di Pendopo Kecamatan Kalipare dilaksanakan Upacara Pengukuhan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Kecamatan yang terdiri Pasukan 17 ; Pasukan 8 dan Pasukan 45 serta 5 cadangan.
Bertindak sebagai Perwira Upacara Peltu Suyono , Komandan Upacara Pelda Ngatiren daqn Irup M. Arifin S.Sos MM Camat Kalipare dan dihadiri oleh Muspika serta Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) tingkat Kecamatan
Acara dimulai pukul 18.00 WIB sampai 20.00 WIB berjalan aman tertib dan terkendali.
aOP2

0 315

Gerak Jalan
Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang ke 53 Tahun 2017 untuk Kecamatan Kalipare diperingati dengan berbagai kegiatan diantaranya pada tanggai 02 Mei 2017 semua anggota PGRI mengikuti Upacara Bendera di Stadion Kanjuruhan Kepanjen ; tanggal 05 Mei 2017 mulai pukul 07.00 WIB dilaksanakan Gerak Jalan Santai yang diikuti oleh Muspika dan Anggota, semua Anggota PGRI, IGTKI, dan Siswa Siswi TK hingga SLTA, Star dan Finis di depan Kantor UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kalipare. Adapun hadiah yang disediakan Panitia ada 2 Sepeda Gunung dan puluhan doorprize.
Tanggal 06 Mei 2017 mulai pukul 07.00 WIB dilaksanakan Senam Kolosal 1000 Siswa siswi Taman Kanak Kanak se Kecamatan dan dilanjutkan dengan parade Drum Band tingkat Sekolah Dasar yang diikuti oleh 7 Marcing Band dari 12 Marcing Band yang diundangan.
Acara berjalan tertin, lancar, aman dan terkendali.
DSenam
Drum Band