Politik

0 329

KUNKER 17
Kamis, (13/07) Kunjungan Komisi A DPRD Kabupaten Malang dengan materi Monitoring Pemerintahan Desa, Bumdes, Keperasi Wanita dan Pelayanan Masyarakat serta pelaksanaan APBDesa.
Hadir dalam acara diatas dari Inspektorat, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Ketua beserta Anggota Komisi A, Camat Kalipare, Kepala Desa , Sekdes, Bendahara Desa, Ketua BPD, LPMD, PKK, Ketua Kopwan dan Karang Taruna se Kecamatan Kalipare.
Camat Kalipare dalam sambutan penerimaannya melaporkan situasi, kondisi serta pelaksanaan ADD dan DD di wilayah Kecamatan Kalipare yang selama ini sudah dilaksanakan sesuai dengan petunjuk yang berlaku.
Pak Heru dari BPM mendorong Pemerintahan Desa (Kepala Desa dan BPD) melalui LPMD untuk memantapkan BUMDES serta membangun kawasan wisata.
Sedang Bu Rini dari Inspektorat menyampaikan dan menghimbau agar pelaksanaan Dana Desa dilakukan semaksimal mungkin, jangan sampai ada temuan-temuan.
Kemudian dri Komisi A yang diwakili oleh Pak Didik menyampaikan himbauan kepada Perangkat Desa karena sudah digaji untuk jamkerja harus sesuai dengan yang berlaku ( mulai pukul 08.00 – 15.30 WIB) sedang untuk Kasun setiap hari harus masuk Kantor dengan jam kerja disesuaikan dengan Kepala Desa, dibicarakan juga masalah Bumdes dimana kedepan akan banyak berperan serta dalam penanggulangan kemiskinan dengan penyediaan bahan pokok (sembako), sedang untuk pelaksanaan APBDesa dihimbau untuk tidak main-main dalam melaksanakan program yang didanai dari Dana Desa dari Pusat maupun Alokasi Dana Desa dari APBD Kabupaten karena salah melangkah / managemen yang amburadul maka proses hukum berbicara.
Acara dimulai pukul 09.15 sampai 12.40 WIB berjalan aman dan lancar.

0 459

DPRD 2016
Rabu,28/09, Bertempat di Balai Desa Arjowilangun Mulai pukul 10.00 WIB dilaksanakan Kunjungan Kerja yang dilakukan oleh Komisi a dan Komisi B Dewan Perakilan Daerah Kabupaten Malang dengan agenda Monitoring Pengawasan Alokasi Danba Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) serta Pelayanan Masyarakat dalam rangka Pemberdayaan Masyarakat, dengan menghadirkan Muspika Perangkat Desa, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna serta Tokoh Masyarakat Desa Arjowilangun.
Sedang dari Komisi A dan B hadir 12 orang dimana rombongan diketuai oleh Bapak Lukito.
Kepala Desa Arjowilangun Kuswianto, S.Pd dalam sambutan penerimaannya menyampaikan gambaran umum Desa Arjowilangun serta ulasan sedikit tentang ADD dan DD yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) serta permasalahan pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dimana masih belum mengakomodir kalangan bawah / masyarakat Miskin bahkan ada masyarakat yang mampu mendapatkan kartu namun ada masyarakat yang miskin seharusnya mendapat jatah tapi nyatanya tidak mendapatkan.
Indra Gunawan,S.Sos Camat Kalipare juga menyampaikan pencairan ADD dan DD baik tahap I maupun tahap II telah dilaksanakan kecuali Desa Sumberpetung untuk ADD belum bisa dicairkan karena ada sedikit kendala teknis namun insyaAlloh minggu pertama bulan Oktober sudah bias dicairkan, untuk KIS dan KIP pihak Kecamatan mengeluhkan karena tidak tau proses perekrutannya sampai pembagian kepada masyarakat penerima sehingga menyulitkan untuk monitoring serta pengawasan pelaksanaannya.
Bapak Lukito selaku Anggota Komisi B yang juga Ketua Rombongan memperkenalkan satu persatu anggota yang hadir dan dilanjutkan Bapak Abdul Rochim Sekretaris Komisi A menyampaikan tanggapan tentang ADD dan DD dimana setelah dilakukan Pemeriksaan oleh Inspektorat Kabupaten Malang terhadap 190 Desa dari 378 Desa se Kabupaten yang dalam pelaksanaannya tidak diketemukan kekeliruan dan penyelewengan.
Yang perlu di gasris bawahi dalam Pengawasan dari Komisi A untuk pelaksanaan ADD dan DD perlu adanya keterbukaan disemua kegiatan, Tim Pelaksana Kegiatan diharapkan dari Masyrakat lokasi kegiatan/proyek, masyarakat diminta ikut berpartisipasi baik dalam bentuk uang maupun tanaga.
Acara berakhir pukul 12.15 dimana rombongan langsung kembali ke Rumah Rakyat guna mengikuti Rapat Pari Purna.

0 553

1Komisi D TPR
Selasa (19/07) Komisi D DPRD Kab. Malang mengadakan Kunjungan Kerja di desa tumpakrejo kec Kalipare, dengan agenda Monitoring Pengembangan Sumber Air, peserta : komisi D dipimpin Bpk. Ahmad Andi dkk, ka dinas pertanian dan perkebunan bpk. Tomi. H beserta staf, Sekcam Kalipare dan staf, kades tumpakrejo dan staf, dimulai jam 11.30 – 13.30 wib.

0 565

Hitung

Jum’at. (11/12), Bertempat dipendopo Kecamatan kalipare Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) melaksanakan Penghitungan Suara di tingkat PPK.

Acara di hadiri oleh Saksi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Panwaslih beserta PPL dan Pengawas TPS, Muspika dan Anggota serta PPS dan KPPS.

Kapolsek Kalipare dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelaksanaan Penghitungan di Tingkat PPK ini adalah legal yang sudah merupakan perintah Undang-undang, maka marilah kita ciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, aman dan lancar, apapun hasilnya diharapkan semuanya legowo. Mari pasca Pemilukada ini kita kembali dalam kondisi awal, jangan ada dendam diantara kita.

Sedianya Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) menjadwalkan penghitungan ini dilaksanakan hari Jum’at dan Sabtu ( 11 & 12 Des.), namun karena permintaan dari Saksi Paslon maka penghitungan diselesaikan dalam 1 (satu) hari. Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB sampai 00.30 dengan hasil perolehan :

  1. Pasangan Rendra Kresna/Sanusi memperoleh suara : 15.674 suara
  2. Pasangan Dewanti Rumpoko/Masrifah memperoleh suara   :   12.161 suara
  3. Pasangan Nur Kholis/M.Mufid memperoleh suara   :        883 suara
  4. Dan suara rusak :        438 suara

Acara diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Penghitungan Suara oleh PPK san Saksi Paslon.

0 569

B Lap 1

Tanggal 09 Desember 2015 merupakan Pemungutan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serentak se Indonesia, untuk Kabupaten Malang Khususnya di Kecamatan Kalipare pelaksanaannya dimulai pada pukul 07.00 WIB dan ditutup pada pukul 13.00 WIB yang selanjutnya dilaksanakan Penghitungan hasil Pemilihan masyarakat.

Bapak PJ Bupati Malang sekitar pukul 09.30 WIB berkenan meninjau ke lokasi TPS 07 Desa Tumpakrejo dan TPS 01 Desa Kaliasri Kecamatan kalipare memantau langsung Pelaksanaan Pamilihan (coblosan) yang dilakukan oleh masyarakat.

Walaupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bersama Panwaslih telah berupaya mempublikasikan dengan mengajak / menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar datang dan mencoblos/memilih Bupati dan Wakil Bupati namun hanya 49.65 % saja yang hadir dari hak pilih yang tercantum dalam DPT se Kecamatan Kalipare sebesar 58.266 jiwa.

Acara berjalan lancer, situasi kondisi Politik sebelum dan sesudah tetap kondusif.

B. Lap 2

0 383

1. Kirim Kotak

Selasa, (08/12) dimulai pukul 09.00 WIB Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) didampingi unsur Muspika, Panwaslih dan PPL melaksanakan pendistribusian Kotak Pemilu ke Desa-desa se Kecamatan Kalipare yang sekaligus mengadalkan Publikasi untuk masyarakat datang ke TPS.

Masyarakat dihimbau untuk berperan aktif dan mensukseskan Pemilu Kada kali ini, diharapkan masyarakat tidak golput.

Acara berlangsung lancer, namun tinggal menuju 1 Desa ( Desa Putukrejo) hujan turun dengan derasnya, tetapi tidak menjadikan kendala dalam pendistribusiannya.

0 346

1 Set Kotak

Minggu, (06/12), Bertempat di Pendopo Kecamatan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS yang disaksikan oleh Muspika Kalipare dan Panwaslih Kecamatan melaksanakan pengesetan Kotak suara dimana isinya untuk keperluan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Malang di 100 TPS se Kecamatan Kalipare.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai 13.00 WIB dengan tertib , aman dan kondusif.

Selanjutnya Kotak disimpan di Rumah Dinas Camat di kunci dan disegel.

0 324

1. aSORTIR

Minggu,(30/11) PPK Kalipare dengan dibantu seluruh Anggota PPS dan Pengawas TPS se Kecamatan Kalipare (Sembilan Desa) dimulai pukul 09.00 WIB mulai memsortir Surat Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati.

Untuk Kalipare Surat Suara yang diterima sebanyak 59.726 lembar untuk 100 TPS dan setelah disortir terdapat kerusakan sebanyak 199 lembar.

Kegiatan ini dipantau oleh Polsek dan Pamwaslih dan selesai pada pukul 16.45 WIB.

0 300

Touring

Rabu (18/11) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bekerja sama dengan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan kalipare melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 yang akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2015 dengan mengdakan Pawai Kendaraan bermotor yang diikuti oleh PPK dan Panwas Kecamatan ; PPS dan PPL serta seluruh KPPS dan Pengawas TPS se Keecamatan berkeliling ke Desa-desa.

Ketua PPK dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mengingatkan, dan mengajak seluruh Warga yang mempunyai Hak Pilih untuk turut mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada tanggal 09 nanti.

Camat yang diwakili oleh Sekcam mengajak dan menghimbau kepada seluruh pelaksana Pemilihan mulai dari PPK sampai KPPS untuk senantiasa Netral, tidak memihak salah satu Bakal Calon dan berharap kegiatan ini bias berdampak suksesnya Pemilihan di Kecamatan Kalipare.

Sedangkan Komisioner Panwaslih menyampaikan harapan agar kegiatan ini dilaksanakan dengan tertib, dari Star di Kantor Kecamatan dan kembali lagi ke Kantor Kecamatan aman dan selamat.

Kegiatan dimulai pukul 09.15 dan berkhir pukul 15.45 denga lancar, aman, tertib dan terkendali.

0 841

1. PPL TPS

Kamis, (06/11) Bertempat di Pendopo Kecamatan Kalipare dilaksanakan Pelantikan yang diteruskan Bintek Pengawas TPS Pemilihan BUpati dan Wakil Bupati Tahun 2015.

TPS se Kecamatan berjumlah 100, maka Pengawas TPSnya juga 100 orang yang nantinya akan bertugas pada pelaksanaan Pemilihan tanggal 09 Desember 2015.

Setelah membacakan Surat Keputusan Pengangkatan Pengawas TPS Ketua Panwaslih dalam sambutannya menyatakan bahwa Kecamatan Kalipare merupakan yang mengawali pelaksanaan Pelantikan ini. Untuk Bintek memang tidak ada agendanya, namun Panwaslih Kecamatan Kalipare dengan kesadaran sendiri melaksanakan.

Camat Kalipare yang diwakili oleh Sekretaris Camat mengharapkan seorang Pengawas dalam melaksanakan tugasnya harus netral tidak memihak salah satu calom serta melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya.

Danramil 0818/13 Kalpare menekankan jangan sampai ada laporan yang fiktif, mari kita ciptakan Kecamatan Kalipare yang kondusif.

Acara dimulai pukul 08.30 sampai 10.45 WIB berjalan lancer, aman dan terkendali.