Klaster Empat Kecamatan Pembekalan Pelaksanaan Padat Karya Tunai di Kecamatan Kalipare

Klaster Empat Kecamatan Pembekalan Pelaksanaan Padat Karya Tunai di Kecamatan Kalipare

0 98

beground2

Padat Karya Tunai (PKT) menjadi salah satu program yang dilaksanakan di desa tahun 2018. Semua desa dianjurkan untuk mengalokasikan kegiatan bersumber dari Dana Desa (DD) dengan target capaian keseluruhan 30% untuk PKT. Kegiatan PKT difokuskan pada kegiatan yang bersifat horisontal.

Setelah pada bulan maret 2018 dilakukan kegiatan sosialisasi tentang Padat Karya Tunai di Kecamatan Kalipare yang diikuti oleh 9 desa, kini diselenggarakan kegiatan penguatan pelaksanaan PKT untuk PD dan PLD. Bertempat di Aula Kecamatan Kalipare pada hari selasa tanggal 5 Mei 2018 dilaksanakan kegiatan In Service Training (IST) Klaster tentang pelaksanaan PKT. Kegiatan IST diinisiasi oleh Bapak Ketut Selaku Pendamping Ahli Infrastruktur Desa (PA ID) diikuti oleh Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa (PD – PLD) dari Kecamatan Pakisaji, Kepanjen, Sumberpucung, dan Kalipare. Kegiatan IST pelaksanaan PKT di Kecamatan Kalipare dilaksanakan pada pukul 10.00WIB dan berakhir pada pukul 16.00WIB.

Tujuan dari kegiatan IST adalah memberikan pemahaman teknis PKT kepada PD PLD, penyampaian Juknis PKT yang meliputi pengisian form laporan tentang PKT mulai dari data detail calon pekerja, data daftar infrastruktur PKT, dan pengisian data yang akan diakukan oleh desa sebagai kelengkapan laporan pelaksanaan PKT. Selain itu, dalam materi yang disampaikan mencangkup penyelenggaraan pengadaan barang dan jasa di desa.

Kegiatan IST dibuka langsung oleh Sekretaris Kecamatan Kalipare Bapak Taufik Nurohman. Dalam sesi pembukaan menyampaikan bahwa “Kecamatan kalipare sangat mengapresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan IST karena kedepan bisa lebih berkulaborasi dalam pelaksanaan program Padat Karya Tunai khususnya di Kecamatan Kalipare”. Selain itu beliau juga berpesan “mohon dengan sangat di Kalipare dan Kecamatan yang hadir saat ini, dengan kondisi desa masih belum bisa dilepas sendiri dan masih butuh pendampingan dari kita semua (Pendamping Desa). Dana Desa masih merupakan barang baru meskipun sudah 3 tahun tetapi masih ada desa yang mengalami kesalahan dalam penyusunan administrasi. Semoga pendamping desa tidak segan-segan untuk mengkoreksi jika ada yang kurang tepat di desa terkait pelaksanaa DD”.

Kegiatan terlaksana dengan baik, terlihat dari aktifnya dialog peserta IST terkait materi pelaksanaan teknis PKT yang akan diimplementasikan di desa dampingan. Pasca kegiatan IST pelaksanaan PKT di Kecamatan Kalipare yang diikuti oleh klaster empat kecamatan, akan segera ditindaklanjuti dengan kegiatan yang sama di tingkat kecamatan dan desa. Memberikan pemahaman pengisian data PKT kepada Kecamatan dan Desa. Harapannya kegiatan teknis dan administrasi dapat dilakukan dengan tertib sesuai dengan aturan yang berlaku. (PD_PLD)

NO COMMENTS

Leave a Reply