Dinas Perindustrian dan Perdagangan Latih Pemuda jadi Teknisi Handphone di Kecamatan Kalipare

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Latih Pemuda jadi Teknisi Handphone di Kecamatan Kalipare

Komunikasi menggunakan smartphone sudah menjadi kebutuhan hidup. Alat yang digunakan untuk komunikasi sudah tentu akan mengalami kerusakan karena faktor pemakaian. Jasa service handphone menjadi peluang pekerjaan baru yang sangat menggiurkan. Kondisi geografis yang jauh dari kota memungkinkan untuk membua peluang usaha di desa dalam bidang service handphone. Peluang ini di tangkap oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang untuk mengadakan mengadakan kegiatan pelatihan teknisi handphone. Pembinaan dan pelatihan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat sektor industri mesin, alat transportasi, elektronika dan telematika tahun anggaran 2018. Kegiatan pelatihan diadakan mulai tanggal 16-18 Oktober 2018 bertempat di Gedung serba guna KPRI SADAR Kecamatan Kalipare.

Kegiatan pelatihan diikuti sebanyak 30 orang terdiri dari unsur karang taruna, pemuda, dan masyarakat yang bergerak di bidang usaha servis handphone di Kecamatan Kalipare. Selama tiga hari peserta pelatihan digembleng teori dan praktik. Hari pertama peserta diajarkan tentang bagaimana teknik flashing handphone mulai dari tahapan hingga software yang digunakan. hari kedua diberikan materi praktik pembongkarang handphone. Dalam proses pembongkaran ini dipraktekkan cara membongkar dan memasang konektor cas. Hari ketiga siswa melakukan ujian praktik yang terdiri dari tentang teori dan teknik pembongkaran dan pemasangan komponen handphone.

Pelatihan dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan. “adanya kegiatan pelatihan teknisi handphone ini diharapkan menjadi kegiatan positif dan menghasilkan nilai ekonomi, karena biasanya kalau tidak ada kegiatan positif seperti ini bisa saja pemuda terlibat dalam pergaulan negatif seperti narkoba” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang. Camat Kalipare Bapak Arifin yang sekaligus membuka acara pelatihan teknisi handphone mengungkapkan, “kegiatan teknisi handphone ini dapat mengurangi kemiskinan dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru”. Harapan Camat Kalipare, “peserta harus bisa menunjukkan ketanggapan, ikuti sebaik-baiknya ilmu pelatihan ini agar dapat diimplementasikan dilapangan” uangkapnya.

Setelah selesai pelatihan peserta juga diberi alat sederhana berupa pin set, mini obeng lengkap, sebuah handphone (untuk praktek), dan sertifikat pelatihan. Semua kelengkapan itu diberikan sebagai modal awal mengembangkan servis handphone. Pelaksanaan pelatihan teknis handphone di Kecamatan Kalipare memberikan angin segar kepada peserta pelatihan. Ilmu yang didapatkan menjadi skil dan bekal untuk membuka lapangan pekerjaan khususnya di bidang jasa servis handphone. Selain itu, jika masyarakat kalipare mengalami kejadian handphone rusak tidak jauh-jauh harus pergi ke kota.(Ndik)

Foto Kegiatan:

SIMILAR ARTICLES

NO COMMENTS

Leave a Reply