Bersama Pendamping Desa: Koordinasi Progres Penyusunan RKPDes Tahun 2019

Bersama Pendamping Desa: Koordinasi Progres Penyusunan RKPDes Tahun 2019

0 165

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa dan Peraturan Bupati Malang Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pedoman dan Tata Cara Penyusunan RPJMDes dan RKPDes, pada bulan juli sampai dengan akhir september (tahun berjalan) desa harus menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk tahun berikutnya. Sebelum menyusun RKPDes sesuai aturan tersebut, desa harus membentuk tim penyusun RKPDes yang terdiri maksimal 11 orang anggota melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Di Kalipare, sembilan desa pada bulan September sudah melakukan Musyawarah Desa (Musdes) pembentukan tim penyusun RKPDes. Seiring berjalannya waktu, tim yang sudah terbentuk belum dapat berjalan dengan maksimal sesuai dengan aturan yang berlaku. Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Kecamatan Kalipare melakukan koordinasi dengan pihak kecamatan untuk mengadakan pertemuan dengan desa. Pertemuan tingkat kecamatan ditujukan untuk koordinasi progres pelaksanaan penyusunan RKPDes 2019 dan penyampaian kendala di masing-masing desa.

Bertempat  di Pendopo Kecamatan Kalipare pada hari Kamis tanggal 25 Oktober 2018 pukul 09.00WIB melakukan rapat koordinasi. Kegiatan koordinasi dihadiri oleh Kepala Desa, Sekdes, Tim Penyusun RKPDes tahun 2019. Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Bapak Darianto menyampaikan dalam sambutannya “Harapan kami bisa selesai sebelum nanti akan disampaikan ke kabupaten. Tim penyusun juga harus aktif untuk konsultasi ke kecamatan juga dengan Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa”. Selain itu, Junaidi (Pendamping Desa Pemberdayaan) juga menyampaikan bahwa, “Kegiatan ini kami koordinasikan dengan kecamatan, karena banyak sekali desa yang masih bingung setelah tim RKPDes dibentuk. Sebetulnya saat penyusunan RKPDes sudah kami sampaikan tentang tahapannya”.

Sesuai dengan peraturan diatas diharapkan desa juga sudah menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) sebagai kelengkapan dari RKPDes 2019. Didik Triananto (Pendamping Desa Teknik infrastruktur) juga menyampaikan “pada intinya Hasil dari pendampingan beberapa desa sudah menyusun RKPDes tahun 2018 sesuai dengan aturan yang belaku yaitu dilampiri dengan RAB”. Bapak Slimuryanto (Kades Sukowilangun) menyampaikan “Berkaitan dengan RAB desain dapat disusun lebih baik lagi, desa punya karakteristik masing–masing, harapannya bisa lebih bersinergi bersama dengan pendamping”.

Dalam koordinasi progres penyusunan RKPDes disepakati untuk membuat rencana kerja tindak lanjut (RKTL). Tujuan dari RKTL ini adalah untuk melakukan supervisi Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan Kecamatan (yang membidangi) kepada desa dalam hal penyusunan RKPDes 2019. Sehingga dokumen RKPDes 2019 dapat segera ditetapkan dan menjadi acuan menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2019. (by. PLD_PD)

 

Foto Kegiatan

NO COMMENTS

Leave a Reply